//

ANALISIS PERAN SARAK OPAT TERHADAP KERUKUNAN MASYARAKAT GAYO (STUDI DESKRIPTIF DI KAMPUNG BUKIT BERSATU KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mustika Susanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sarak Opat memiliki banyak fungsi di tengah-tengah masyarakat, salah satunya adalah menjaga kerukunan masyarakat Gayo, tetapi saat sekarang ini fungsi Sarak Opat sudah mulai menghilang di tengah-tengah masyarakat, karena Sarak Opat dalam peranannya dalam masyarakat kurang optimal. Permasalah tentang kerukunan di tengah-tengah masyarakat yang tidak bisa diselesaikan oleh lembaga adat Sarak Opat bahkan harus dibawa kekantor polisi, padahal hanya masalah biasa. Kurangnya kemampuan Sarak Opat dalam menjaga kerukunan masyarakat Gayo menjadi masalah ditengah-tengah masyarakat Gayo. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis peran Sarak Opat terhadap kerukunan Masyarakat Gayo. Untuk mengetahui dan menganalis peranan Sarak Opat dalam menjaga kerukunan masyarakat Gayo. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang membuat Sarak Opat kehilang fungsi dalam menjaga kerukunan masyarakat Gayo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang cukup penting bagi masyarakat Gayo, dengan adanya lembaga sarak Opat dapat menciptakan kerukunan bagi masyarakat Gayo, peranan masyarakat Gayo ini ini tentunya sudah mulai luntur karena peranannya tidak cukup untuk dapat menciptakan kerukunan bagi masyarakat Gayo, sehingga masyarakat Gayo lebih memilih menyelesaikan permasalahan dikantor polisi ketimbang di lembaga adat Sarak Opat, Sarak Opat lembaga adat tertinggi bagi masyarakat Gayo tentunya hal ini dapat membuat masyarakat lebih tenang, karena ada lembaga yang adat yang dapat menjamin kehidupan masyarakat yang lebih rukun. Faktor-faktor yang membuat kurangnya peran sarak Opat dalam menjaga kerukunan bagi masyarakat Gayo adalah faktor perkembangan zaman yang terus modern, faktor kinerja yang rendah dan kehilangan kepercayaan dari masyarakat karena Sarak opat tidak dapat menampilkan performan yang baik ketika bekerja, sehingga ada sebagian masyarakat yang menyelesaikan masalah mereka sendiri atau pergi ke polisi dari pada pergi kelembaga adat sarak Opat. Faktor-faktor yang membuat Sarak Opat kehilang fungsi dalam menjaga kerukunan masyarakat Gayo adalah Perubahan, kepemimpinan yang tidak tegas, kurang mampu menyelesaikan masalah, tidak ada solusi yang tepat ketika menyelesaikan masalah sehingga banyak diantara mereka yang kurang menganggap sarak opat dalam menjaga kerukunan masyarakat Gayo. Kata kunci: Peran Sarak Opat, Kerukunan, Masyarakat Gayo

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELESTARIAN UPACARA ADAT EJER MARA DI KAMPUNG BALE REDELONG KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (ANDI FITRA, 2019)

LARANGAN PERKAWINAN SATU KAMPUNG DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DI KECAMATAN BUKIT KEBUPATEN BENER MERIAH (Rina Damayanti, 2021)

INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA DENGAN ETNIS GAYO DI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (1978-2010) (Nera Maya, 2020)

TRANSPARANSI INFORMASI PENGGUNAAN DANA DESA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT DI DESA DELUNG TUE KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Aldian Efendi, 2021)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy