//

KONSTRUKSI IDENTITAS DAN PENGARUH JARINGAN SOSIAL TERHADAP UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN EKONOMI WARIA DI ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULI IDRAWANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konstruksi identititas waria dan seberapa besar pengaruh jaringan sosial terhadap upaya pemenuhan kebutuhan ekonomi waria di Aceh Tengah sehingga mereka mampu untuk bertahan dengan identitasnya meskipun waria mengalami penyempitan lapangan pekerjaan. Untuk menganalisa fenomena tersebut, dalam penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial dari Petter L. Berger dan Thomas Luckman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran sekuensial (sequential mixed methods) dengan menggunakan jenis desain penelitian sequential exploratory designs. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang ditemukan dalam penelitian ini waria di Aceh Tengah dalam proses eksternalisasi telah melakukan penyesuaian diri di lingkungan tempat tinggalnya. Kemudian pada proses objektivasi, waria melakukan pembeda realitas yang berfungsi sebagai pembeda dan pemantapan atas peran yang dipilih melalui komunitasnya. Sedangkan dalam proses internalisasi, keluarga berperan penting dalam memberikan nilai atau peran laki- laki pada individu yang kemudian menjadi realitas subjektif individu. Berdasarkan hasil pengolahan data kuantitatif Berdasarkan nilai t: diketahui nilai t hitung sebesar 2.538 > t tabel 2.026 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Jaringan Sosial (X) berpengaruh terhadap variabel Pemenuhan kebutuhan ekonomi (Y). Pada jaringan sosial waria di Aceh Tengah menunjukkan bonding yang kuat sehingga mereka bisa bertahan dengan identitasnya. Namun waria di Aceh Tengah hanya mampu memenuhi kebutuhan seperti kebutuhan pangan dan sandang saja. Sehingga dalam hasil uji hipotesis pengaruh jaringan sosial terhadap upaya pemenuhan kebutuhan ekonomi waria sebesar 14,8% sedangkan 85.2% pemenuhan kebutuhan ekonomi waria dipengaruhi variabel yang lain.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI INTERPERSONAL KAUM WARIA DI KOTA BANDA ACEH (STUDI TERHADAP KAUM WARIA DENGAN MASYARAKAT DI GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM, KOTA BANDA ACEH) (Rovia Fadilla, 2016)

STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEREMPUAN KEPALA KELUARGA DI DESA PADANG BAK JEUMPA KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Lia Wanti, 2020)

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Inong Rizki Firdhah, 2015)

POLITIK IDENTITAS ETNIS PADA PILKADA 2017 (STUDI KASUS TERHADAP KEMENANGAN IRWANDI-NOVA DI KECAMATAN BINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH) (Sabardi, 2019)

GAMBARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN FISIOLOGIS ANAK BALITA SELAMA DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA)ANAK SHALEH KOTA BANDA ACEH RNTAHUN 2013 (NURUL SAFWAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy