//

PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMK NEGERI 2 SIGLI TAHUN AJARAN 2020/2021

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Afzal. 2020. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Sigli Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Drs. Sukardi Putra, M.Kes., (2) Drs. Muhammad Jafar, M.Pd Kata Kunci: Pelaksana, Ekstrakurikuler, Pramuka Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan wajib yang dilaksanakan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Kegiatan pramuka merupakan sebagai salah satu wadah pembinaan siswa yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, karakter, semangat, bakat, dan kemampuannya diminati di luar bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Sigli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang berusaha mengambarkan dan menafsirkan data-data yang ada pada masa sekarang. Penelitian ini mengunakan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pramuka di SMK Negeri 2 Sigli yang berjumlah 19 orang dan semuanya dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan kuesioner atau angket dibagikan secara online. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis mengunakan perhitungan statistik persentase angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Sigli dikategorikan baik, untuk alternatif jawaban pernyataan pelaksana kegiatan gerakan PBB dengan persentase 73,03% dikategorikan baik, untuk alternatif jawaban pernyataan pelaksana kegiatan upacara pramuka dengan persentase 73,35% dikategorikan baik, untuk alternatif jawaban pernyataan pelaksana kegiatan tali-temali pioneering dengan persentase 73,19% dikategorikan baik, dan untuk alternatif jawaban pernyataan pelaksana kegiatan menjelajah dengan persentase 74,34% dikategorikan baik. Jadi dari hasil analisis persentase pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa total Persentase Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 2 Sigli Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 73,48% dan termasuk dalam kategori baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN KEGIATAN EXTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH (EVA DIANA, 2019)

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (Syahrina Dhahirah,ab, 2017)

PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH (MIFTAHUL JANNAH, 2018)

PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA WAJIB KURIKULUM 2013 DI SMAN SE-KOTA BANDA ACEH TAHUN 2016 (Heru Kurniawan, 2017)

PENINGKATAN SEMANGAT KEBERAGAMAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KLUET UTARA (HARTONI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy