ANALISIS VARIASI HARGA DAN INTEGRASI PASAR TELUR AYAM RAS DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS VARIASI HARGA DAN INTEGRASI PASAR TELUR AYAM RAS DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Novrizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200240007

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telur merupakan salah satu produk peternakan yang dapat memenuhi sebagian kebutuhan gizi masyarakat. Nilai gizi dari telur inilah menyebabkan telur memiliki kelas di mata masyarakat Indonesia. Selain itu telur ayam ras merupakan salah satu komoditas pangan strategis yang harus dijaga stabilitas harganya. Selama kurun waktu empat tahun (2016-2019) Kota Banda Aceh tidak memproduksi telur ayam ras. Hal ini menyebabkan telur ayam ras harus dipasok dari luar daerah Kota Banda Aceh, terutama dari Provinsi Sumatera Utara. Kebutuhan telur yang terus meningkat dan tidak dapat memenuhi produksi yang memadai akan menyebabkan harga telur meningkat.
Intervensi kebijakan pemerintah khususnya kebijakan stabilisasi harga telur ayam ras, baik di tingkat produsen maupun konsumen secara berkala telah ditempuh, namun permasalahan harga masih sering terjadi. Terjadinya fluktuasi harga dalam suatu periode tertentu, adanya variasi harga dalam suatu wilayah dan antar waktu, serta adanya transmisi harga asimetris. Kemampuan pemerintah untuk menentukan kebijakan harga yang tepat akan sangat ditentukan pada pemahaman para pengambil kebijakan tersebut terhadap struktur, tingkah laku pelaku pasar, efektivitas pasar serta pola distribusi telur.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis variasi harga telur ayam ras di Kota Banda Aceh, menganalisis tingkat integrasi pasar telur ayam ras antara pedagang grosir dan pedagang eceran di Kota Banda Aceh, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya integrasi pasar telur ayam ras di Kota Banda Aceh. Data yang digunakan berupa data sekunder dalam bentuk data deret waktu (time series) bulanan dengan periode waktu selama 36 bulan yaitu dari bulan Januari 2017 hingga bulan Desember 2019. Metode analisis menggunakan koefisien variasi (CV) dan pendekatan Johanssen Cointegration serta Error Correction Model (ECM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CV rata-rata pada tingkat pedagang grosir adalah sebesar 7 % dan nilai CV rata-rata pada tingkat pedagang eceran sebesar 9%, hal ini mengindikasikan bahwa harga telur ayam ras di Kota Banda Aceh dari tahun 2017-2019 relatif stabil atau tingkat fluktuasinya rendah karena berada pada kisaran

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK