//

PENGALAMAN DAN PERSEPSI TENTANG HEMODIALISIS SELAMA PANDEMI COVID-19

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTHIA ARA AGUSTI AYU - Personal Name

Abstrak/Catatan

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan suatu penyakit yang saat ini menjadi perhatian dunia dan telah dinyatakan secara resmi sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). Mengingat tingginya penularan COVID-19 di Rumah Sakit, hal ini menjadi tantangan khusus bagi pasien yang menjalani hemodialisis secara rutin. Untuk mengetahui bagaimana dampaknya pandemi COVID-19 terhadap pelayanan hemodialisis, oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi pengalaman dan persepsi tentang hemodialisis selama pandemi COVID-19 pada pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapat dengan wawancara mendalam terhadap 12 partisipan yang terdiri dari empat orang pasien hemodialisis, empat orang keluarga pasien hemodialisis, dan empat orang tenaga kesehatan di Instalasi Dialisis RSUDZA dengan menggunakan metode purposive sampling dengan variasi maksimal. Hasil wawancara kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini didapatkan dua tema yaitu pandangan tentang hemodialisis selama pandemi COVID-19 dan pengalaman tentang hemodialisis selama pandemi COVID-19. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa COVID-19 merupakan penyakit berbahaya yang memberikan dampak baik bagi fasilitas maupun kesehatan pasien. Selama pandemi terdapat perbedaan pelayanan dan munculnya beberapa kendala sehingga menimbulkan berbagai variasi perasaan partisipan. Peningkatan pengetahuan dan pelayanan serta upaya pencegahan COVID-19 berperan penting untuk menurunkan risiko penularan. Kata kunci : Pengalaman, Persepsi, Hemodialisis, COVID-19

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI DAN PENGETAHUAN TENTANG PHYSICAL DISTANCING TERHADAP PENCEGAHAN PANDEMI VIRUS CORONA (COVID-19) PADA PELAKU OLAHRAGA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Muzakkir, 2020)

UPAYA ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (PUTRI MAHARA, 2020)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS BEDAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (QATRUNADA RIZALDI, 2021)

ANALISIS PERBEDAAN HARGA DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 (Siti Adawiyah, 2021)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA NEUSU JAYA TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DENGAN KUNJUNGAN KE PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH (POCUT DARA MUCHTAR, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy