//

HISTOPATOLOGI HEPATOPANKREAS UDANG VANAME (LITOENAEUS VANNAMEI) YANG TERINFEKSI WHITE FECES DISEASE (WFD)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT SALSABILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produksi komoditas udang vaname (Litopenaeus vannamei) budidaya yang tinggi di kabupaten Pidie Jaya menyebakan pencemaran yang berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan budidaya sehingga komoditas udang vaname rentan terhadap penyakit. Penyakit yang sering menginfeksi udang vaname di Pidie Jaya yaitu White Feces Disease (WFD) atau dikenal dengan berak putih.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan hepatopankreas yang diakibatkan oleh White Feces Disease (WFD) melalui performa histopatologi yang menyerang udang vaname berbeda nyata dengan yang sehat. Udang vaname (Litopenaeus vannamei) yang digunakan berjumlah empat sampel yang diambil acak dari dua tambak dengan lokasi berbeda di Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa histopatologi hepatopankreas udang vaname mengalami kerusakan parah meliputi vakuolisasi, degenerasi lemak dan nekrosis pada tambak dengan konsentrasi amonia yang lebih tinggi. Uji kualitas air meliputi pH, suhu, salinitas serta amonia juga didapati hasil bahwa tambak yang berada dekat permukiman lebih tercemar dibanding tambak yang jauh dari permukiman warga, diproyeksikan oleh gambat histopatologi hepatopbakreas udang yang lebih rusak. Kata kunci: Hepatopankreas, white feces disease, vakuolisasi, nekrosis, amonia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN SEBARAN WHITE FECES DISEASE (WFD) PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI TAMBAK SEMI INTENSIF DI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH, INDONESIA (IRSYAD EL MUHTAJ, 2020)

GAMBARAN HISTOPATOLOGI HEPATOPANKREAS UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) AKIBAT TERSERANG PENYAKIT WHITE FECES DISEASE (WFD) PADA PERAIRAN TAMBAK ALUE NAGA, BANDA ACEH. (Rifqi, 2020)

UJI VIRULENSI ISOLAT WSSV (WHITE SPOT SYNDROME VIRUS) YANG BERBEDA TERHADAP UDANG PISANG (PENAEUS SP.) SECARA HISTOPATOLOGI (Zahria Zurrah, 2015)

DETEKSI CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI TAMBAK KECAMATAN LHOONG ACEH BESAR (YUNISMA ANDRIANI MUNTHE, 2021)

ANALISIS KADAR LOGAM BERAT PLUMBUM (PB) YANG TERPAPAR PADA DAGING DAN KULIT UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI BOONE) (RIZA DANIYATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy