PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STEM-ISLE (INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT) BERBASIS MEMS (MICRO ELECTRO MECHANICAL SYSTEMS) TERINTEGRASI LABVIEW SERTA PEMANFAATAN APLIKASI TRACKER UNTUK EKSPERIMEN GETARAN PEGAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STEM-ISLE (INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT) BERBASIS MEMS (MICRO ELECTRO MECHANICAL SYSTEMS) TERINTEGRASI LABVIEW SERTA PEMANFAATAN APLIKASI TRACKER UNTUK EKSPERIMEN GETARAN PEGAS


Pengarang

Intan Mulia Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1808202010014

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S2) / PDDIKTI : 45101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran ISLE-based STEM
serta pemanfaatan software tracker untuk mempelajari gerak harmonis sederhana.
Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Develop, Implement, and Evaluate). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah
media pembelajaran berupa Alat Peraga Praktik (APP) berbasis MEMS (Micro
Electro Mechanical Systems) terintegrasi LabVIEW dan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) untuk eksperimen getaran pegas massa. Kedua media pembelajaran
tersebut telah melalui proses validasi ahli materi dan ahli media serta dinyatakan
layak digunakan/diimplementasikan kepada siswa. APP MEMS yang
dikembangkan memberi kemudahan kepada siswa dalam merekam data hasil
pengukuran percepatan dan dapat menghitung periode (????) serta frekuensi (????)
getaran pegas secara otomatis. LKPD yang disusun dengan pendekatan model
ISLE-based STEM, dipakai sebagai panduan dalam mencapai tujuan pembelajaran
dengan membangun konsep berpikir siswa terhadap materi gerak harmonis
sederhana melalui eksperimen getaran pegas massa. Adapun pemanfaatan Tracker
memberikan tampilan visualisasi dari hasil eksperimen sehingga membantu siswa
dalam memahami konsep di balik proses fisika yang tidak terlihat.

Kata Kunci: APP, MEMS, LabVIEW, Tracker, LKPD, ISLE-based STEM,
getaran pegas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK