//

GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT DALAM MENINGKATKANRNKUALITAS HIDUP PASIEN STROKE ISKEMIKRNDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANDA SYLVIA - Personal Name
SubjectNURSES
STROKE (DISORDER)-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 24 Juli 2014 xiii + vi bab + 68 halaman + 7 tabel + 1 skema + 18 lampiran NANDA SYLVIA NIM. 1007101020098 GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP PASIEN STROKE ISKEMIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 ABSTRAK Di Indonesia, penyakit stroke menduduki posisi ketiga setelah jantung dan kanker. Sebanyak 28,5% pasien stroke meninggal dunia dan sisanya menderita kelumpuhan, baik sebagian maupun total. Aceh merupakan daerah yang memiliki prevalensi stroke tertinggi, yaitu 16,6 per 1000 penduduk untuk wilayah Indonesia. Data yang terdapat di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh menunjukkan bahwa jumlah pasien dengan diagnosis stroke iskemik lebih dominan daripada stroke jenis lain. Oleh sebab itu, peran perawat sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas hidup pasien stroke. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan perawat dalam meningkatkan kualitas hidup pasien stroke iskemik di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling, yaitu pada 59 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 32 pertanyaan dalam bentuk multiple choice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pengetahuan perawat dalam meningkatkan kualitas hidup pasien stroke iskemik di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2014 berada pada kategori cukup (52,5%) ditandai dengan pengetahuan mengenai kondisi fisik yang cukup (52,5%), kondisi psikologis yang masih kurang (47,5%), hubungan sosial yang kurang (59,3%), dan lingkungan yang juga masih kurang (45,8%). Disarankan bagi perawat agar terus mencari informasi mengenai kualitas hidup pasien stroke iskemik agar dapat membantu pasien stroke iskemik meningkatkan meningkatkan kualitas hidup nya. Kata Kunci : Pengetahuan, Perawat, Kualitas Hidup, Stroke Iskemik Daftar Bacaan : 18 buku, 10 jurnal, 3 tesis, 3 artikel

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS RNHIDUPPASIEN STROKE DI RUANG REHABILITASI MEDIK RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2014 (EKA SUNNIATI, 2014)

HUBUNGAN KECEMAMSAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zulfira Ananda, 2017)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA TENTANG FAKTOR RISIKO YANG DAPAT DIKONTROL DENGAN PENCEGAHAN SERANGAN STROKE BERULANG DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Muhammad Syah, 2013)

HUBUNGAN KUALITAS HIDUP PASIEN STROKE DENGAN PERAWATAN DIRI (SELF CARE) DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI ISMAYANTI, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEMAMPUAN RNMELAKUKAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA PASIEN POST RNSTROKE DI POLIKLINIK SARAF BLUD RUMAH SAKIT RNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2013 (FERI FERDIAN KAMATARA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy