KONSEP EKOHIDROLIK DALAM PENGENDALIAN BANJIR PADA DAERAH SUNGAI LAE KOMBIH KOTA SUBULUSSALAM PROVINSI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KONSEP EKOHIDROLIK DALAM PENGENDALIAN BANJIR PADA DAERAH SUNGAI LAE KOMBIH KOTA SUBULUSSALAM PROVINSI ACEH


Pengarang

Nida Adila - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salah satu sungai di Kota Subulussalam yang sering meluap dan membanjiri daerah sekitarnya adalah sungai Lae Kombih, yang membentang melintasi dari Sumatera Utara hingga ke Kecamatan Runding, Subulussalam. Banjir yang terjadi mencapai ketinggian 2 meter dan mengenangi permukiman serta persawahan milik masyarakat akibatnya masyarakat banyak mengalami kerugian, sehingga diperlukan pengendalian banjir, salah satunya dengan konsep ekohidrolik. Pengembangan konsep ini dengan pendekatan eco-engineering ditujukan untuk memanfaatkan komponen ekologi untuk perbaikan struktur fisik wilayah sungai. Tujuan penelitian ini adalah memberikan metode untuk mendisain daerah bantaran sungai secara ekohidrolik untuk menanggulangi banjir di Sungai Lae Kombih dengan mengoptimalkan lebar bantaran sungai. Manfaat penelitian ini adalah mengetahui kondisi debit sungai dan debit kapasitas tampungan maksimum sungai serta dapat mengetahui desain bantaran secara ekohidrolik yang tepat sehingga dapat meredam energi banjir menuju hilir. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran kapasitas penampang, lebar bantaran sungai, dan perhitungan ekohidrolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanggulangan banjir pada Sungai Lae Kombih yang dilakukan secara ekohirolik yaitu melalui penataan bantaran sungai, dengan lebar bantaran direncanakan pada sisi kiri dan kanan sungai sepanjang 100 m dapat meretensi debit banjir periode ulang 5 tahun hingga 72,3% dengan tingggi genangan yang terjadi 0,3 m – 0,9 m, dimana debit aliran yang dihasilkan 112,04 m3/d – 209,43 m3/d.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK