//

ANALISA MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN PENDEKATAN HIRARC DAN JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) DI PT. AYU LESTARI INDAH, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEDE FERNANDITO S - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keselamatan dan kesehatan kerja dalam melaksanakan pekerjaan merupakan hal yang ingin dicapai disamping produktivitas yang tinggi. Regulasi tentang penerapan dan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja wajib dilaksanakan. Namun pada pelaksanaannya masih terdapat banyak kekurangan yang perlu diperbaiki oleh tambang galian C. PT. Ayu Lestari Indah yang terletak di Gampong Neuheun, Aceh Besar merupakan perusahaan yang beroperasi di bidang pengolahan batuan andesit untuk bahan konstruksi bangunan dan jalan. Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja masih terdapat banyak kekurangan yang dapat meningkatkan tingkat risiko kecelakaan kerja. Penelitian diperlukan untuk memperoleh informasi tentang kegiatan operasi produksi yang dilakukan dan mengidentifikasi prosedur kerja di PT. Ayu Lestari Indah.Dalam pelaksanaan penelitian mengedepankan pendekatan secara langsung dengan pengamatan di lapangan dan wawancara terhadap pekerja dan penanggungjawab. Hazard Identification, Risk Analysis and Risk Control (HIRARC) diperlukan sebagai tindakan untuk mengidentifikasi dan menilai tingkat potensi bahaya yang dapat terjadi. Penerapan tindakan pengendalian dalam tiap tahapan kerja dapat meminimalisir potensi bahaya dan kecelakaan. Job Safety Analysis menjadi pilihan solusi dalam penerapan langkah kerja yang aman dan sesuai dengan regulasi keselamatan dan kesehatan kerja. Hasil dari penelitian ini ditemukan 11 potensi bahaya yang terdapat di lokasi produksi PT. Ayu Lestari Indah dengan 1 potensi bahaya memiliki tingkat risiko sangat tinggi/Very High dan 2 potensi bahaya dengan tingkat risiko Priority 1. Dokumen Job Safety Analysis yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dokumen acuan bagi perusahaan dalam melakukan kegiatan di masa yang akan datang. Kata Kunci : Tambang, Galian C, PT. Ayu Lestari Indah, Neuheun, Aceh Besar, Bahaya, Identifikasi, Tingkat Risiko, Pekerjaan, Penelitian, HIRARC, Job Safety Analysis, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI RSUD MEURAXA ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIKAP PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI RSUD MEURAXA (Desri Luhonna, 2021)

EVALUASI RISIKO KEBAKARAN PADA BANGUNAN GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dede Hermansyah, 2018)

SISTEM TATA KELOLA KANTOR PT. CIPTA KRIDATAMA SITE MIFA PROYEK MEULABOH UNTUK MEMASTIKAN TERJAGANYA ASPEK KESELAMATAN, KESEHATAN DAN LINGKUNGAN KERJA (Nur Aisah, 2014)

GAMBARAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA OLEH P2K3 PT. WASKITA KARYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR ACED TAHAP II DI BANDA ACEH 2011 (Irsan Abubakar, 2021)

ANALISIS KESELAMATAN PEKERJAAN MELALUI METODE JOB SAFETY ANALYSIS PADA KEGIATAN TAMBANG TRADISIONAL GUNONG UJEUN – ACEH JAYA (Misbahani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy