KEBIASAAN MAKAN DAN LUAS RELUNG TIGA JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI DANAU ANEUK LAOT, KOTA SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEBIASAAN MAKAN DAN LUAS RELUNG TIGA JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI DANAU ANEUK LAOT, KOTA SABANG


Pengarang

Muhammad Akbar Maulana. Ra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1611102010008

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Budidaya Perairan (S1) / PDDIKTI : 54243

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Danau Aneuk Laot merupakan sumber air tawar utama bagi masyarakat Kota Sabang, selain itu Danau Aneuk Laot menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan sekitar danau tersebut. Penelitian tentang kebiasaan makan tiga jenis ikan yang tertangkap di Danau Aneuk Laot dilakukan pada bulan Juni 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebiasaan makan, luas relung, dan tumpang tindih makanan ikan nila (Oreochromis niloticus), mujair (Oreochromis mossambicus), dan louhan (Cichlasoma trimaculatum) yang tertangkap di perairan Danau Aneuk Laot. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Penangkapan ikan dilakukan dengan menggunakan pukat cincin yang berjumlah satu unit dengan ukuran mata jaring 2 inci dan 3 inci, selanjutnya ikan Nila, Mujair, dan Louhan yang tertangkap dibedah dan diambil alat pencernaannya kemudian diawetkan menggunakan NBF 10% di dalam botol sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan Nila (O. niloticus) bersifat omnivora dengan makanan utama fitoplankton dan nilai indeks of preponderance sebesar 54,72%, ikan Mujair (O. mossambicus) bersifat omnivora dengan makanan utama berupa fitoplankton dan nilai indeks of preponderance sebesar 50,15%, dan ikan (C. trimaculatum) Louhan bersifat omnivora dengan makanan utama berupa ikan kecil dan nilai indeks of preponderance sebesar 99,35%. Luas relung ikan Nila sebesar 2,89, ikan Mujair sebesar 2,66, dan ikan Louhan sebesar 1,07. Nilai tumpang tindih makanan antara ikan Nila dengan Ikan Mujair sebesar 0,96 dan ikan Louhan dengan ikan Nila dan Mujair sebesar 0,01.
Kata Kunci: Danau Aneuk Laot, Kebiasaan Makan, Luas Relung, dan Tumpang Tindih Makanan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK