KEANEKARAGAMAN HYMENOPTERA PARASITOID SEBAGAI MUSUH ALAMI HAMA DI PERKEBUNAN KOPI ORGANIK DAN KONVENSIONAL PADA BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEANEKARAGAMAN HYMENOPTERA PARASITOID SEBAGAI MUSUH ALAMI HAMA DI PERKEBUNAN KOPI ORGANIK DAN KONVENSIONAL PADA BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH


Pengarang

SAIFULLAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1705201010010

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroekoteknologi (S2) / PDDIKTI : 54111

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN

Saifullah. Keanekaragaman Hymenoptera Parasitoid Sebagai Musuh Alami Hama di Perkebunan Kopi Organik dan Konvensional pada Berbagai Ketinggian Tempat Di Kabupaten Aceh Tengah. Dibawah bimbingan Husni sebagai pembimbing ketua dan Jauharlina sebagai pembimbing anggota.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman parasitoid yang terdapat pada perkebunan kopi yang dikelola secara organik dan konvensional. Pengambilan sampel dilakukan di suatu daerah di tiga ketinggian berbeda di Kabupaten Aceh Tengah. Pengambilan sampel serangga dilakukan sebanyak tiga kali dengan interval 3 minggu, dengan menggunakan empat jenis perangkap yaitu yellow Ppan trap, pitfall pan trap, malaise trap dan light trap. Setiap serangga yang tertangkap dikumpulkan kemudian disortir dan diidentifikasi. Identifikasi sampel serangga menggunakan mikroskop Olympus SZ61. Selain itu, proses identifikasi serangga juga menggunakan beberapa pedoman identifikasi serangga. Semua serangga Hymenoptera yang bertindak sebagai parasitoid difoto dengan mikroskop kamera (Leica M205C). Hasil penelitian dari tiga ketinggian ini diperoleh bahwa komposisi dan keanekaragaman Hymenoptera parasitoid pada perkebunan kopi arabika di Kabupaten Aceh Tengah dipengaruhi oleh teknik budidaya kopi. Pada perkebunan kopi organik ditemukan lebih banyak famili, kekayaan spesies dan jumlah individu Hymenoptera parasitoid dibandingkan dengan perkebunan kopi konvensional. Nilai indeks keanekaragaman jenis parasitoid (H ') pada perkebunan kopi organik lebih baik dari pada perkebunan kopi konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai indeks kemerataan (E) pada tanaman kopi organik dan konvensional cenderung tergolong kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa famili ordo Hymenoptera yang mendominasi baik pada perkebunan kopi organik maupun pada perkebunan kopi konvensional yaitu famili Braconidae dan Ichneumonidae.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK