//

PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT FISIKA DAN KIMIA TANAH SERTA HASIL TANAMAN JAGUNG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TEUKU MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Teuku Maulana. Pengaruh Penambahan Pembenah Tanah Terhadap Sifat Fisika Dan Kimia Tanah Serta Hasil Tanaman Jagung dibawah bimbingan Sufardi sebagai pembimbing ketua dan Syakur sebagai pembimbing anggota. Pengaruh pembenah tanah berupa biochar belum banyak dilaporkan, sehingga penelitian tersebut perlu dilakukan, dan diharapkan mampu memperbaiki kualitas tanah dan produksi jagung, mengingat upaya peningkatan kualitas tanah pada pertanaman jagung ini menjadi sangat strategis kedepannya, untuk menanggulangi berbagai isu ketahanan dan diversifikasi pangan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat penambahan pembenah tanah terhadap sifat fisika dan kimia tanah serta hasil tanaman jagung. Penelitian dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Analisis sifat fisika tanah dilaksanakan di Laboratorium Penelitian Tanah Dan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Syiah kuala, analisis sifat kimia tanah dilaksanakan di laboratorium BPTP Aceh. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan September 2018. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial dengan 3 kali ulangan yang terdiri dari 36 plot dan 12 perlakuan. Parameter yang diamati yaitu sifat fisika, bulk density, porositas tanah, permeabilitas tanah. Sifat kimia pH tanah, C-Organik, N-Total, P-Tersedia, kdd, dan KTK. Serta potensi hasil jagung per hektar. Hasil penelitian menunjukan pemberian pembenah tanah sekam padi, biochar sekam padi, kotoran sapi dan beberapa taraf pupuk NPK mempengaruhi porositas tanah, P-tersedia, K-dd dan hasil tanaman jagung. Sekam padi dengan dosis 10 t ha-1 + N dan K, biochar sekam padi 10 t ha-1+ N dan K, serta kotoran sapi dengan dosis 10 t ha-1 + NK merupakan dosis yang cenderung lebih baik untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Kata Kunci: Pembenah Tanah, Entisol, Jagung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT BIOLOGI TANAH DI RIZOSFER TANAMAN KANGKUNG (IPOMEA REPTANS POIR) (WANDA REZEKI, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH RIZOSFER TANAMAN KANGKUNG (IPOMEA REPTANS POIR) (RAHMI MULYANA, 2019)

PENGARUH RESIDU PEMBENAH TANAH TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH DAN KANDUNGAN PROTEIN PADA KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERR) (CUT RISNA GUSNITA, 2020)

PENGARUH PEMBENAH TANAH DAN POLA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) DAN KEDELAI (GLYCINE MAX L.) PADA TANAH PODSOLIK (Ridha Arjuna, 2017)

PENGARUH PEMBENAH TANAH DAN SISTEM TANAM TERHADAP KETERSEDIAAN HARA DAN PRODUKSI KEDELAI DAN JAGUNG PADA TANAH PODSOLIK (ULLYANA SAMITHA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy