//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN SOCIAL DISTANCING DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI ASRAMA KOMPAS B UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOGI SURYASNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

COVID-19 telah menjadi ancaman signifikan terhadap kesehatan internasional. Berdasarkan laporan WHO pada tanggal 4 Desember 2020, tercatat 64.603.428 kasus yang dikonfirmasi secara global dengan 1.500.614 kasus kematian. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah social distancing. Social distancing dapat dilakukan secara optimal apabila disertai pengetahuan dan sikap yang baik. Dalam hal ini, Asrama Kompas B Unsyiah diisi oleh mahasiswa putra dengan jurusan dan asal daerah yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi pengetahuan dan sikap. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan social distancing. Metode penelitian berupa analitik observasional dengan desain cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang pernah tinggal di Asrama Kompas B Unsyiah tahun 2020 sebanyak 167 orang. Pengambilan data melalui e-kuesioner yang telah divalidasi. Analisis menggunakan uji univariat dan bivariat spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan pengetahuan yang baik sebagian besar melakukan social distancing yaitu sebanyak 97 orang (58,1%) dan mahasiswa dengan sikap yang negatif sebagian besar tidak melakukan social distancing yaitu sebanyak 15 orang (9,0%) serta terdapat hubungan pengetahuan (r=0,524, p=0,000) dan sikap (r=0,844, p=0,000) dengan social distancing. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan kuat antara pengetahuan mahasiswa dengan social distancing dan hubungan sangat kuat antara sikap mahasiswa dengan social distancing dalam upaya pencegahan COVID-19 di Asrama Kompas B Unsyiah. Kata kunci: Social distancing, COVID-19, pengetahuan, sikap

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 (PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (MUHAMMAD RIZQI MAULANA FATAH, 2021)

PERSEPSI DAN PENGETAHUAN TENTANG PHYSICAL DISTANCING TERHADAP PENCEGAHAN PANDEMI VIRUS CORONA (COVID-19) PADA PELAKU OLAHRAGA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Muzakkir, 2020)

HUBUNGAN HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASISWA KEDOKTERAN DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD DEZHA DETIRO, 2020)

PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MENGENAI PENCEGAHAN COVID-19 PADA MAHASISWA MEDIS DAN NON-MEDIS DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (KHOIRUL NADYA APRILIA SAGALA, 2021)

ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) PADA MASYARAKAT YANG MEMILIKI RIWAYAT KOMORBID DI KECAMATAN SYIAH KUALA (ANNISA RAIHANI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy