//

PROSES BERPIKIR SISWA QUITTER DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK OPEN-ENDED

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PADLIADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Materi matematika pada kurikulum pendidikan Indonesia sangat padat. Sebahagian besar kelas terdiri atas banyak siswa, semakin banyak siswa maka semakin beragam keunikan siswa. Salah satu keunikan siswa adalah daya juang. Daya juang yang dimiliki siswa terdapat tiga tingkatan yaitu tinggi (Climber), sedang (camper) dan rendah (quitter). Seorang guru harus memiliki kemampuan mengakomodir kebutuhan siswa quitter. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa quitter yang membutuhkan paran guru untuk mengakomodir kebutuhannya dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu cara untuk membantu siswa quitter dalam meyelesaiakan masalah dengan memberikan soal berbentuk open-ended. Melalui pemberian permasalahan yang berbentuk open-ended siswa akan termotivasi untuk menjawab dan menyelesaiakan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa quitter dalam penyelesaikan masalah open-ended. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah dua orang siswa kelas VII SMPN 19 Banda Aceh yang masing-masing mewakili siswa quitter. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian masalah berbentuk open-ended dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa quitter selama pemberian masalah open-ended yaitu, siswa quitter berpikir secara asimilasi sekaligus akomodasi dalam memahami masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan mengecek kembali terhadap permasalahan, sementara siswa quitter berpikir secara asimilasi dalam menyusun rencana penyelesaian masalah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017)

PROSES BERPIKIR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Muhammad Yani, 2017)

PROSES BERPIKIR LATERAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI MADRASAH ALIYAH (MUKHTASAR, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO (SALMAN AL FARISI, 2020)

PROSES BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH NON RUTIN DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (AICA WIRA ISLAMI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy