//

ANALISIS KONTRIBUSI EKONOMI BASIS SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIRATI HASANAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sektor pertanian berperan penting dalam perekonomian. Nilai Produk Domestik Regioanl Bruto (PDRB) Kabupaten Aceh Besar meningkat setiap tahunnya terutama PDRB sektor pertanian. Pasokan kebutuhan pangan wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar sangat bergantung pada sektor pertanian di Aceh Besar. Namun, Aceh Besar masih menggantungkan kebutuhan bahan makanan dari daerah lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi sektor pertanian serta sektor dan sub sektor apa saja yang dapat menjadi basis dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Kontribusi, analisis Loqation Quotient, dan analisis Dynamics Location Quotient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian, kehutanan,dan perikanan berkontribusi sedang dengan persentase kontribusi 21,42%. Menurut hasil analisis LQ dan DLQ diperoleh hasil bahwa sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan termasuk pada tipe IV (bukan basis dan tidak prospektif). Sedangkan sub – sub sektor didalamnya termasuk kedalam beberapa tipe yaitu tipe I (basis dan prospektif) ialah sub sektor tanaman pangan dan peternakan, tipe II (bukan basis dan prospektif) yaitu sub sektor holtikultura, kategori kehutanan dan penebangan kayu, dan kategori perikanan, tipe III (basis dan tidak prospektif) ialah kategori pertanian, peternakan perburuan, dan jasa pertanian,dan tipe IV (bukan basis dan tidak prospektif) sub sektor perkebunan dan jasa pertanian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO ( PDRB) DI KOTA BANDA ACEH (YOHANNA ANWAR, 2020)

ANALISIS KONTRIBUSI EKONOMI BASIS SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KABUPATEN ACEH BESAR (MIRATI HASANAH, 2021)

PERKEMBANGAN KOTA LHOKSEUMAWE, 1974-2014 (STUDI TENTANG: PEREKONOMIAN) (jannaturridha, 2016)

ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DAN POTENSIAL KABUPATEN ACEH SELATAN (AWALIL RISKI HARZI, 2016)

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH UTARA (Muhammad Iqbal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy