//

HUBUNGAN USIA DAN MASA KERJA DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN POLISI LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FUAD HADYAN RAKHMADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Menurut data World Health Organization (WHO), menyebutkan bahwa setiap 24 detik terdapat satu orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Indonesia, negara dengan kepadatan penduduk keempat di dunia, menjadi penyumbang kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia dengan rata-rata pertahunnya mencapai 90.000-100.000 kasus pertahunnya. Masih tingginya angka kematian akibat kecelakaan di jalan raya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kedisiplinan pengendara, kondisi kendaraan, dan infrastruktur jalan, serta faktor yang paling penting yaitu proses pertolongan pertama pada kecelakaan. Salah satu bentuk pertolongan pertama pada kecelakaan adalah pemberian Bantuan Hidup Dasar (BHD). BHD adalah usaha awal dalam mempertahankan seseorang yang mengalami kondisi yang mengancam seseorang seperti henti jantung atau henti napas. Dalam menjalani tugasnya sebagai aparat yang menjaga keselamatan pengguna jalan, polisi lalu lintas harus memiliki pengetahuan tentang BHD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia dan masa kerja dengan tingkat pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) polisi lalu lintas di kota Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan terdiri dari 64 anggota unit turjawali dan laka Polresta Banda Aceh yang diambil dengan metode total sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dan diolah dengan menggunakan uji statistic spearman’s rho dan mann-whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara usia (p=0,041) dan masa kerja (p=0,009) dengan tingkat pengetahuan BHD pada polisi lalu lintas di kota Banda Aceh. Kata kunci: Bantuan hidup dasar, pengetahuan, polisi lalu lintas, usia, masa kerja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) POLISI LALU LINTAS POLRESTA KOTA BANDA ACEH ANALISIS PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) POLISI LALU LINTAS POLRESTA KOTA BANDA ACEH (NELLY YUSNITA, 2021)

UPAYA POLISI LALU LINTAS DALAM MENSOSIALISASIKAN TATA TERTIB LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH (Sumarni, 2018)

STRATEGI KOMUNIKASI SAFETY RIDING POLISI LALU LINTAS DALAM MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH (Haviz, 2017)

PENGARUH POLISI MEUPEP-PEP TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA POSITIF POLISI LALU LINTAS (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH) (Zulfan Riza, 2017)

RESPON MAHASISWA TERHADAP KEBERADAAN POLISI MEU PEP-PEP DALAM MEMBANGUN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS BAGI MAHASISWA DI BANDA ACEH (Munawir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy