HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN MOTIF ALTRUISTIK PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN MOTIF ALTRUISTIK PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Misna Rahmika - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104030010

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Self-Esteem, Motif Altruistik
Penelitian yang berjudul “hubungan antara self-esteem dengan motif altruistik pada siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh” mengangkat masalah bagaimana hubungan atau saling keterkaitan antara self-esteem dengan motif altruistik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat taraf dan gambaran dari kedua variabel pada siswa di SMA Negeri di Kota Banda Aceh, serta mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dari SMAN 3 Banda Aceh, SMAN 4 Banda Aceh dan SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh, yang berjumlah 622 orang siswa. Sedangkan untuk pengambilan sampel digunakan teknik purposif sampling dengan jumlah sampel 86 siswa dari ke-tiga sekolah penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket yang bersifat tertutup dengan skala 0-4. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan perbandingan antara data hipotetik dan data empirik serta menggunakan analisis korelasi pearson product moment dan uji t sederhana. Hasil analisis data menunjukkan 82,6% siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh memiliki taraf self-esteem dengan kategori sedang dan 17,4 % siswa dengan taraf self-esteem tinggi. Untuk gambaran motif altruistik, 52,3% siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh memiliki motif altruistik dengan kategori sedang serta 47,7% siswa dengan motif altruistik tinggi. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan ntara variabel self-esteem dengan motif altruistik dan dikuatkan dengan hasil uji t sederhana yang menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel yaitu, dengan hasil t hitung sebesar 3.5499. kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-esteem dengan motif altrusitik pada siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK