//

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN DAN AKAR PUTRI MALU (MIMOSA PUDICA LINN.) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM LINN.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUSI KHALIZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang “Uji Efektivitas Etanol Daun dan Akar Putri Malu (Mimosa pudica Linn.) sebagai Bahan Pengawet Alami Cabai Merah (Solanum annum Linn.)”. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari efektivitas ekstrak etanol daun dan akar putri malu sebagai pengawet alami cabai merah dalam menghambat pembusukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skrining fitokimia dan dilanjutkan analisis vitamin C dengan spektrofotometri. Populasi yang digunakan adalah tumbuhan putri malu, sampelnya daun dan akar putri malu. Hasil uji ekstrak etanol daun dan akar putri malu terhadap cabai merah diperoleh hasil positif mengandung alkaloid, flavonoid, saponin dan tanin. Cabai merah yang direndam ekstrak etanol daun dan akar putri malu mampu menghambat pembusukan cabai merah. Ekstrak etanol daun dan akar putri malu konsentrasi 75% memiliki kemampuan dalam menghambat tekstur pembusukan. Ekstrak etanol daun dan akar putri malu konsentrasi 75% hingga 100% memiliki kemampuan menjaga kadar vitamin C dalam menghambat pembusukan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN RNPUTRI MALU (MIMOSA PUDICA L.) TERHADAP RNPERTUMBUHAN BAKTERI RNMETHICILLIN-RESISTANT RNSTAPHYLOCOCCUS AUREUS (Ema Fitriani, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PUTRI MALU (MIMOSA PUDICA) TERHADAP BAKTERI PSEUDOMONAS AERUGINOSA (AULIA ANGGITA, 2018)

PENGARUH JENIS BAHAN PENGEMAS DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR VITAMIN C DAN VITAMIN A PADA CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) PENGARUH JENIS BAHAN PENGEMAS DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR VITAMIN C DAN VITAMIN A PADA CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) (Luthfita Pratiwi, 2020)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL BUNGA TEMBELEKAN (LANTANA CAMARA LINN.) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI L. INSTAR III (Nuriah, 2015)

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN API-API (AVICENNIA MARINA) SEBAGAI ANTIBAKTERI DAN PENGAWET ALAMI IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) MELALUI UJI TOTAL PLATE COUNT (TPC) (Ida Sartika, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy