//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yasrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Permasalahan yang dirasakan guru saat ini yaitu terbatasnya ketersediaan contoh perangkat pembelajaran matematika yang sesuai dengan format yang ditetapkan sekaligus mengakomodir tahapan berpikir matematis siswa. Hal ini disebabkan ketentuan format hanya disediakan dalam bentuk informasi naratif dan tidak disertai contoh. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menyediakan contoh perangkat pembelajaran yang sesuai dengan format dan mengakomodir tahapan berpikir matematis siswa sehingga secara praktis dapat langsung diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas sekaligus menjadi model untuk mengembangkan perangkat pembelajarn untuk materi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang valid. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi RPP, LKPD, dan THB. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan hanya menjalankan dua dari tiga tahap pengembangan yang dikemukakan Plomp yaitu tahap pengkajian awal, tahap perancangan, dan tahap penilaian. Tahap pengembangan yang dijalankan yaitu tahap pengkajian awal dan tahap perancangan. Proses pengembangan perangkat pembelajaran diawali dengan menganalisis kebutuhan seperti analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis perangkat pembelajaran dengan ketentuan yang berlaku. Selanjutnya, dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan THB. Sumber data penelitian ini yaitu para ahli pembelajaran matematika sebagai validator. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk RPP, LKPD, dan THB. Data penelitian dianalisis secara deskriptif berdasarkan arahan dan rekomendasi validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu RPP, LKPD, dan THB dengan pendekatan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar sudah memenuhi kriteria valid. Secara keseluruhan rekomendasi ahli menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mengacu pada landasan teoritik yang kuat dan komponen-komponen perangkat pembelajaran secara konsisten saling berkaitan. Implikasi penelitian yaitu perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan perlu dilakukan uji kepraktisan dan keefektifannya untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Pendekatan matematika realistik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (MUHAMMAD RIDHA, 2020)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (FURQAN, 2020)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARN BANGUN RUANG BERBANTUAN GEOGEBRA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (NURLISNA, 2020)

HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SDN 20 BANDA ACEH (Tri Hardianti, 2013)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (masyithah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy