//

PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK JALAN LINGKAR DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ririn Putri Anjani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Dalam pembangunan konstruksi jalan melibatkan berbagai sumber daya salah satunya adalah biaya dan waktu penggunaan alat berat yang harus diperhatikan untuk mendapatkan biaya dan waktu yang efisien. Penggunaan alat berat tersebut perlu direncanakan agar sesuai dengan biaya dan waktu yang diinginkan. Lokasi proyek yang disajikan sebagai subjek tugas akhir ini adalah pada Proyek Pelebaran Jalan Lingkar Darussalam, dengan panjang 1,175 km. Pelaksanaan proyek ini direncanakan menggunakan alat berat antara lain Wheel Loader, Dump Truck, Motor Grader, Vibrator Roller, Tandem Roller, Water Tank, Compressor, Water Tank, Pneumatic Tire Roller, Asphalt Sprayer, dan Asphalt Finisher. Tujuan tugas akhir ini adalah merencanakan waktu dan biaya pelaksanaan pekerjaan berdasarkan pemakaian peralatan dan sumber daya yang ada. Metode perencanaan ini dimulai dengan menentukan jenis-jenis pekerjaan, menentukan jenis-jenis peralatan yang akan dipakai pada setiap jenis pekerjaan, penentuan durasi dari masing-masing pekerjaan, perhitungan biaya peralatan pada masing-masing pekerjaan, dan penjadwalan pelaksanaan pekerjaan dengan menggunakan metode Linear Scheduling Method (LSM) yang ditampilkan dalam bentuk grafik, dimana sumbu X mewakili waktu dan sumbu Y mewakili jarak. Maka dengan menggunakan metode Linear Schedulling Method (LSM) hasil perhitungan didapat waktu penggunaan peralatan adalah 34 hari dengan total biaya Rp 140.245.715,60. Kata Kunci : Biaya, Waktu, Alat Berat, Linear Schedulling Method

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS DAN BIAYA ALAT PEMADAT PADA PERKERASAN JALAN DI ACEH BESAR (Seri Ramadani, 2017)

ANALISA BIAYA DAN WAKTU PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN SP. JALAN NASIONAL – COT BAK SETUI KABUPATEN ACEH BESAR (Ahadi Syahputra, 2015)

PERENCANAAN BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN ALAT BERAT PADA PROYEK PENINGKATAN STRUKTUR JALAN KELILING PULAU WEH (BALOHAN-SABANG) (Mutawakkil Billah, 2015)

PROPORSI BIAYA SUMBER DAYA MANUSIA, MATERIAL DAN ALAT PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN (BERRIL MUFARDIS, 2019)

OPTIMALISASI ALAT-ALAT BERAT PADA PROYEK PEMBANGUNAN DIKLAT ILMU PELAYARAN RATING SCHOOL LADONG - ACEH BESAR (M.Marsha Putra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy