//

ANALISIS LAJU SEDIMENTASI PADA SUNGAI LAE KOMBIH KECAMATAN PENANGGALAN KOTA SUBULUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD FACHRUL GHIFARY - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tugas Akhir Sarjana Analisis Laju Sedimentasi Pada Sungai Lae Kombih Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam M. Fachrul Ghifary 1604101010072 Program Studi Sarjana Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Sungai Lae Kombih merupakan salah satu sungai di Kota Subulussalam yang membentang melintasi dari Sumatera Utara hingga ke Kecamatan Penanggalan dan Kecamatan Runding, Subulussalam. Sungai Lae Kombih memiliki potensi air dan curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan pengikisan tanah atau erosi yang menghasilkan sedimentasi. Sedimentasi tersebut akan terbawa dan menumpuk ke hilir sungai sehingga menyebabkan terjadi pendangkalan serta berkurangnya daya tampung di hilir sungai. Dengan meningkatnya penumpukan sedimen dan tingginya curah hujan juga dapat membuat sungai meluap yang mengakibatkan terjadinya banjir. Sungai Lae Kombih sering kali terjadi banjir karena meluapnya sungai. Akibatnya puluhan hektar tanaman padi warga yang terancam gagal panen karena tingginya genangan banjir yang tercampur dengan lumpur yang merendam persawahan milik warga. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan analisis laju sedimentasi di Sungai Lae Kombih tersebut. Analisis laju sedimentasi ini bertujuan untuk mengetahui laju sedimen dasar (bed load), sedimen melayang (suspended load), dan sedimen total (total load). Metode penelitian ini menggunakan data primer berupa data hidrometri (pengukuran lebar, kedalaman, kecepatan aliran, dan debit), dan pengambilan sampel sedimen yang dilakukan di lapangan. Laju sedimen dasar (bed load) dihitung dengan menggunakan metode Persamaan Duboys dan laju sedimen melayang (suspended load) dihitung dengan menggunakan metode Persamaan Lane dan Kalinske. Sehingga laju sedimen total (total load) didapat dengan melakukan penjumlahan antara laju sedimen dasar (bed load) dan laju sedimen melayang (suspended load). Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar laju sedimen total per satuan lebar terbesar yaitu 20,9388 kg/det/m pada hilir sungai dan terkecil 2,6470 kg/det/m pada tengah sungai. Laju sedimentasi dari hulu dan tengah sungai mengalami penurunan. Namun laju sedimentasi yang terjadi pada hilir sungai meningkat. Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh kedalaman sungai, diameter sedimen, dan konsentrasi sedimen. Kata kunci: sedimentasi, sedimen dasar, sedimen melayang, total sedimen, sungai Lae Kombih.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SPASIAL 3D PEMETAAN BANJIR GENANGAN DI DAERAH SUNGAI LAE KOMBIH KOTA SUBULUSSALAM PROVINSI ACEH (MUHAMMAD SYAH RIDWAN, 2021)

KONSEP EKOHIDROLIK DALAM PENGENDALIAN BANJIR PADA DAERAH SUNGAI LAE KOMBIH KOTA SUBULUSSALAM PROVINSI ACEH (Nida Adila, 2021)

ANALISIS DEBIT BANJIR MENGGUNAKAN HIDROGRAF SATUAN SINTETIS SCS (SOIL CONSERVATION SERVICE) PADA SUB DAS LAE KOMBIH KOTA SUBULUSSALAM PROVINSI ACEH (Fildza, 2021)

INDEX PEMBANGUNAN OLAHRAGA KOTA SUBULUSSALAM TAHUN 2020 (AIYUB, 2021)

PERKEMBANGAN KOTA SUBULUSSALAM SEBELUM DAN SESUDAH PEMEKARAN 2000-2010 (Sartini, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy