//

IMPLEMENTASI VIRTUAL LAB (PHET) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hasbi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hasbi. 2020. Implementasi Virtual Lab (PhET) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika di SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Zainuddin, M.Pd (2) Dr. A. Halim, M.Si Kata Kunci : Motivasi belajar, Virtual Lab (PhET), Implementasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi virtual lab (PhET) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Seunagan, sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data melalui angket motivasi menggunakan skala likert, wawancara, dan respon siswa, yang dibagikan kepada setiap siswa. Pengolahan data dilakukan melalui analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa yang diajarkan secara manual dengan menggunakan animasi PhET. Pembelajaran yang diajarkan secara manual diperoleh hasil 71,08 % sedangkan pembelajaran yang dilakukan menggunakan animasi PhET diperoleh sebesar 81,00 %. Dengan demikian implementasi virtual lab (PhET) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya terjadi peningkatan sebesar 9,92%. Dengan demikian diharapkan dalam pembelajaran-pembelajaran fisika dapat menerapkan pembelajaran berbasis animasi PhET sebagai media ajar apabila sarana dan prasarana tidak tersedia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA SMP NEGERI 6 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Zainal Arifin, 2014)

PENERAPAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA RNPADA SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Melani, 2015)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PHET ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS KELAS XI-MIPA4 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Ummi Rafidah, 2018)

KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM GAYA MENYAMPING PADA SISWA SMA NEGERI 1 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Said Mudhar, 2014)

KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 1 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA (KHAIRUL ZAMI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy