IMPLEMENTASI VIRTUAL LAB (PHET) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IMPLEMENTASI VIRTUAL LAB (PHET) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA


Pengarang

Hasbi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103030017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Hasbi. 2020. Implementasi Virtual Lab (PhET) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika di SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Zainuddin, M.Pd (2) Dr. A. Halim, M.Si

Kata Kunci : Motivasi belajar, Virtual Lab (PhET), Implementasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi virtual lab (PhET) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Seunagan, sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data melalui angket motivasi menggunakan skala likert, wawancara, dan respon siswa, yang dibagikan kepada setiap siswa. Pengolahan data dilakukan melalui analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa yang diajarkan secara manual dengan menggunakan animasi PhET. Pembelajaran yang diajarkan secara manual diperoleh hasil 71,08 % sedangkan pembelajaran yang dilakukan menggunakan animasi PhET diperoleh sebesar 81,00 %. Dengan demikian implementasi virtual lab (PhET) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya terjadi peningkatan sebesar 9,92%. Dengan demikian diharapkan dalam pembelajaran-pembelajaran fisika dapat menerapkan pembelajaran berbasis animasi PhET sebagai media ajar apabila sarana dan prasarana tidak tersedia.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK