PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII/4 SMP NEGERI 2 PASIE RAJA, ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII/4 SMP NEGERI 2 PASIE RAJA, ACEH SELATAN


Pengarang

JAMHUR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103150004

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci :Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar, dan Ketergantungan Makhluk Hidup.
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Pasie Raja khususnya pada mata pelajaran IPA-Biologi masih bersifat searah atau hanya guru yang aktif dan siswa bersifat pasif. Masih rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Biologi di SMP Negeri 2 Pasie Raja. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA-Biologi pada materi ketergantungan makhluk hidup terhadap ekosistem dengan diterapkannya model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII/4 SMP Negeri 2 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA-Biologi pada materi ketergantungan makhluk hidup terhadap ekosistem pada siswa kelas VII/4 SMP Negeri 2 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam yaitu metode deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian terdiri dari tiga siklus yaitu siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Data diperoleh dari siswa kelas VII/4 SMP Negeri 2 Pasie Raja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe STAD pada materi ekosistem di kelas VII/4 mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 57.83, siklus dua 76.46, dan siklus tiga 89,2.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK