//

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI INDRA PURWA TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurismi - Personal Name
SubjectFISHERMEN
FISHERIES-PRODUCTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Kawasan Konservasi Perairan Indrapurwa, Peukan Bada. Penelitian tentang “Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Indrapurwa terhadap Hasil Tangkapan Nelayan di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan sejak tanggal 7 Juli 2013 sampai dengan 17 Februari 2014. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara pengelolaan KKP, hasil tangkapan nelayan, deskripsi hewan laut, serta peranan KKP Indrapurwa terhadap hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang terkait dengan pengelolaan KKP Indrapurwa sedangkan sampel berjumlah 67 orang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pengelolaan KKP Indrapurwa di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh besar sudah baik dan dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan. Spesies hewan laut hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar sebanyak 23 spesies menggunakan 3 jenis alat tangkap yaitu jaring insang, pancing dan pukat tarik. Kawasan Konservasi Perairan Indrapurwa memiliki peranan yang besar terhadap nelayan di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar karena dapat menyediakan tempat perlindungan dan pemijahan ikan sehingga menjamin ketersediaan ikan untuk tangkapan nelayan. Kesimpulan penelitian ini adalah pengelolaan KKP Indrapurwa sudah baik, terhadap hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PARTISIPASI NELAYAN DAN PERAN PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN DAERAH PULAU TUAN, ACEH BESAR (Zilvi Aulia Rahmi, 2017)

STATUS KONSERVASI, PERILAKU MENGKONSUMSI DANSTATUS KONSERVASI, PERILAKU MENGKONSUMSI DAN PENGETAHUAN NELAYAN TERHADAP PENANGKAPAN IKAN HIU DI WILAYAH PESISIR PROVINSI ACEH PENGETAHUAN NELAYAN TERHADAP PENANGKAPAN IKAN HIU DI WILAYAH PESISIR PROVINSI ACEH (HAZIA AWANIS, 2019)

PERBANDINGAN KONTRIBUSI SEKTOR PERIKANAN LAUT DENGAN SEKTOR EKOSISTEM BAKAU PADA NELAYAN DI KOTA BANDA ACEH (R. Denny Syahputra, 2016)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN DAN PENGELUARAN RUMAH TANGGA NELAYAN SESUDAH KENAIKAN HARGA BBM DI DESA LAMPAGEU KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (RESKY NANDA, 2015)

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DI MIN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Rizka Mutia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy