//

HAMBATAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGAJAR IPA TERPADU (TINJAUAN KASUS PADA MAGANG III)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulida Yanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Magang III merupakan mata kuliah praktik dimana mahasiswa dapat menyampaikan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah kepada siswa sekolah, baik kepada siswa SMP maupun SMA. Mahasiswa pendidikan fisika FKIP unsyiah di didik untuk menjadi guru di SMA, karena disiplin ilmu yang diajarkan adalah materi fisika dan tidak mendalami materi tentang biologi dan kimia. Sehingga sasaran dalam melaksanakan magang III untuk mahasiswa pendidikan fisika di SMA bukan di SMP. Namun mahasiswa pendidikan fisika FKIP unsyiah ada yang penempatan magang III di SMP, karena jumlah mahasiswa yang ditentukan untuk melaksanakan magang III di SMA terbatas. Sehingga mahasiswa yang mendapatkan tugas magang III pada SMP, banyak mahasiswa yang mengaku mengalami hambatan dalam mengajarkan materi IPA terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fkip Unsyiah dalam mengajar IPA Terpadu pada magang III. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah angkatan 2016 yang mengikuti kegiatan Magang III di SMP yang berjumlah 20 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik memberikan angket (kuesioner). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa mahasiswa fisika menunjukkan hambatan dalam membuat rancangan perangkat pembelajaran dan menerapkan metode dan strategi pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HAMBATAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM MAGANG I DAN MAGANG II (Nuriana, 2018)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIOANAL TERHADAP NILAI MATA KULIAH MAGANG III MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MONICA SAFITRI, 2019)

HAMBATAN YANG DIHADAPI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH PADA PROSES PEMBELAJARAN (Ramiah, 2021)

PELAKSANAAN MATA KULIAH MAGANG I MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Arif Gunawan Syarwan, 2018)

KONTRIBUSI NILAI MAGANG III TERHADAP KOMPETENSI HARDSKILLS DAN SOFTSKILLS MAHASISWA FISIKA FKIP UNSYIAH (Karina Mutiara, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy