//

PROSES ADAPTASI MAHASISWA AFIRMASI PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sutrisno - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sutrisno.2020. Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua di Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: 1) Dr..Rusli Yusuf, M.Pd. 2) Ruslan, S.Pd.M.Ed. Kata Kunci: Proses adaptasi, Mahasiswa Afirmasi Papua, Universitas Syiah Kuala Penelitian ini berjudul: “Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua Di Universitas Syiah Kuala”. Dalam hal ini yang dimaksud dengan Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua di Universitas Syiah Kuala adalah Proses Adaptasi mahasiswa afirmasi Papua yang ada di Universitas Syiah kuala terhadap lingkungan Universitas Syiah Kuala yang di pengaruhi oleh proses Adaptasi yang mereka lakukan. Rumusan masalah (1) Bagaimana Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua yang melanjutkan studinya di Universitas Syiah Kuala (2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua Selama Melaksanakan Studi di Universitas Syiah Kuala (3) Mengetahui Apakah Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Afirmasi Papua. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua Yang Melanjutkan Studinya di Universitas Syiah Kuala. (2) Untuk Mengetahui Faktor pendukung dan Penghambat Dalam Proses Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua Selama Melaksanakan Studi di Universitas Syiah Kuala. (3) Untuk Mengetahui Apakah ada Hubungan Antara Cara Adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua dengan Prestasi Mahasiswa Afirmasi Papua yang ada di Universitas Syiah Kuala Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Lokasi penelitian ini di Universitas Syiah Kuala Jl. T. Nyak Arief, Darussalam, Banda Aceh. Jumlah informan dalam penelitian adalah 13 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1).Interaksi yang terjadi antara mahasiswa Papua dengan mahasiswa lokal yang ada di Aceh menjadi fakor yang mendorong mahasiswa Papua harus berusaha beradaftasi dengan gaya hidup yang baru, baik cara berbicara maupun penyesuaian tingkah laku (2) faktor Pendukung dan penghambat Dalam proses adaptasi Mahasiswa Afirmasi Papua yang menjadi pendukung yaitu faktor Paguyuban Papau, faktor Fasilitas dari Universitas, seperti Asrama dan faktor teman pergaulan baik sesama mahasiswa Papua maupun lokal serta dukungan dari dosen dan ketika hal tersebut tidak berjalan dengan bai, akan berdampak terhadap Proses adaftasi Mahasiswa Afirmasi Papua tersebut. (3) ketika mahasiswa Afirmasi Papua bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus mereka, cenderung lebih mudah mencapai indek prestasi yang baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA ASAL PAPUA DENGAN MAHASISWA LOKAL DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Miswar Efendi, 2016)

STRATEGI ADAPTASI TERHADAP CULTURE SHOCK PADARNMAHASISWA PAPUAYANG MENEMPUH PENDIDIKAN RNDI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Gina Sonia Sihombing, 2015)

INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA ASAL PAPUA YANG MENGIKUTI PROGRAM AFIRMASI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rahmadi Pribadi Muclis, 2017)

IDENTIFIKASI MASALAH BELAJAR MAHASISWA PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Julia Mayora Hs, 2019)

GAMBARAN PROSES ADAPTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Habibi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy