//

PENGARUH JENIS BAHAN PENGEMAS DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR VITAMIN C DAN VITAMIN A PADA CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) PENGARUH JENIS BAHAN PENGEMAS DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KADAR VITAMIN C DAN VITAMIN A PADA CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Luthfita Pratiwi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pratiwi. Luthfita. 2020. Pengaruh Jenis Bahan Pengemas dan Lama Penyimpanan Terhadap Kadar Vitamin C dan Vitamin A pada Cabai Merah (Capsicum annum L.). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Supriatno, M.Si (2) Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Bahan Pengemas, Lama Penyimpanan, Vitamin C, Vitamin A, Cabai Merah. Cabai merah memiliki kandungan vitamin yang tinggi antara lain vitamin C dan A. Cabai merah dapat kehilangan kandungan gizi karena proses respirasi setelah panen yang masih berlangsung. Aktivitas respirasi tidak bisa dikendalikan, namun bisa dikurangi dengan cara pengemasan yang tepat dan penyimpanan pada suhu yang rendah. Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh jenis bahan pengemas yang berbeda terhadap kadar vitamin C dan A pada cabai merah (Capsicum annum L.), (2) mengetahui pengaruh lama penyimpanan yang berbeda terhadap kadar vitamin C dan A pada cabai merah (Capsicum annum L.), (3) mengetahui interaksi antara jenis bahan pengemas dan lama penyimpanan terhadap kadar vitamin C dan A pada cabai merah (Capsicum annum L.). Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan 2 faktor (faktor 1 adalah jenis bahan pengemas dan faktor 2 adalah lama penyimpanan). Jumlah kombinasi 16 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Data yang diperoleh dalam bentuk kuantitatif kemudian dianalisis menggunakan uji ANAVA, selanjutnya menggunakan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis bahan pengemas dan lama penyimpanan yang berbeda serta interaksinya berpengaruh terhadap kadar vitamin C dan A pada cabai merah. Perlakuan yang baik yang dapat digunakan untuk mempertahankan kandungan vitamin C dan A yaitu jenis bahan pemgemas aluminium foil dengan lama simpan 10 hari pada suhu 50C.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BAHAN KEMASAN TERHADAP KANDUNGAN VITAMIN C PADA JAMBU BIJI MERAH (PSIDIUM GUAJAVA L.) YANG DISIMPAN DI LEMARI PENDINGIN (UTARI ATIA PERTIWI, 2014)

EFEKTIFITAS PERENDAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) DALAM CACL2 (KALSIUM KLORIDA) TERHADAP SUSUT BOBOT DAN KADAR VITAMIN C (Khusnul Khatimah, 2019)

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN DAN AKAR PUTRI MALU (MIMOSA PUDICA LINN.) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM LINN.) (SUSI KHALIZA, 2021)

KARAKTERISTIK PENGERINGAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) SETELAH BLANCHING DALAM LARUTAN NATRIUM METABISULFIT (Ridwan, 2017)

KAJIAN KESERAGAMAN KUALITAS PENGERINGAN CABAI MERAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PENGERING TIPE HOHENHEIM (Edisaputra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy