PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA


Pengarang

Uswatun Hasanah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103030003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Hasil observasi awal yang dilakukan penulis, kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika harus didukung oleh perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Namun beberapa guru yang mengajar tidak menggunakan panduan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang diajarkan sehingga guru sendiri yang kesulitan dalam menjelaskan materi karena murid sulit untuk memahaminya dalam proses belajar mengajar, dikarenakan guru tidak menggunakan model yang sesuai dengan materi. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan perangkat pembelajaran untuk dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain perangkat model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi yang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Adapun Subjek pada penelitian ini adalah 10 guru SMA di Banda Aceh. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan lembar angket guru untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Desain pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran Inkuiri bebas termdofikasi untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa berada pada kategori sangat layak. Kelayakan perangkat pembelajaran model pembelajaran Inkuiri bebas termodifikasi meliputi: RPP pada kategori layak (90,32%), LKPD pada kategori layak (90,2%), bahan ajar pada kategori layak (89,6%), instrument soal pada kategori layak (89,5%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Inkuiri bebas termodifikasi yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan instrumen soal untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dapat digunakan dalam pembelajaran di SMA.

Kata Kunci : Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Inkuiri Bebas Termdofikasi, Mata Pelajaran Fisika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK