Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PERSEPSI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL INKUIRI BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI KABUPATEN GAYO LUES
Pengarang
Sumini - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103030019
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi guru dalam menerapkan model inquiri berbasis CTL untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Gayo Lues. Populasi pada penelitian ini seluruh guru fisika di SMA Negeri Kab Gayo Lues pada semester genap tahun 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah guru fisika di lima SMA Negeri di Gayo Lues berjumlah adalah 10 guru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase persepsi guru dalam menerapkan model inquiri berbasis CTL untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika sebesar 85,23% sehingga dapat disimpulkan bahwa model inquiri berbasis CTL dapat meningkatkan kreativitas siswa di SMA Negeri Kab Gayo Lues. Namun demikian, guru dalam menerapkan model inquiri berbasis CTL juga mengalami kendala antara lain : faktor kebiasaan guru menggunakan metode konvensional, siswa sering dijejali dengan pengetahuan bersifat hafalan, dan guru kurang mengaitkan konsep pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
Tidak Tersedia Deskripsi
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)
EXPLORING TEACHERS` WAYS OF TEACHING SPEAKING (A CASE STUDY AT SMA NEGERI 1 BIREUEN) (Juraini, 2017)
A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 16 BANDA ACEH (Maulizan ZA, 2014)
PROBLEMS FACED BY TEACHERS IN TEACHING ENGLISH (A QUALITATIVE RESEARCH AT SMA NEGERI 7 BANDA ACEH) (Zaika Orwanda, 2016)