PERSEPSI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL INKUIRI BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI KABUPATEN GAYO LUES | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSEPSI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL INKUIRI BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI KABUPATEN GAYO LUES


Pengarang

Sumini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103030019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi guru dalam menerapkan model inquiri berbasis CTL untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Gayo Lues. Populasi pada penelitian ini seluruh guru fisika di SMA Negeri Kab Gayo Lues pada semester genap tahun 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah guru fisika di lima SMA Negeri di Gayo Lues berjumlah adalah 10 guru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase persepsi guru dalam menerapkan model inquiri berbasis CTL untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika sebesar 85,23% sehingga dapat disimpulkan bahwa model inquiri berbasis CTL dapat meningkatkan kreativitas siswa di SMA Negeri Kab Gayo Lues. Namun demikian, guru dalam menerapkan model inquiri berbasis CTL juga mengalami kendala antara lain : faktor kebiasaan guru menggunakan metode konvensional, siswa sering dijejali dengan pengetahuan bersifat hafalan, dan guru kurang mengaitkan konsep pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK