PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI KACANG HIJAU (PHASEOLUS AUREUS SINONIM P. RADIATUS L.) DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI KACANG HIJAU (PHASEOLUS AUREUS SINONIM P. RADIATUS L.) DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Suchrati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0151220102

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Suchrati "Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Pendapatan Usahatani Kacang Hijau (Phaseolus aureus sinonim P. radiatus L.) Di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar". Dibawah bimbingan Ibu Cut Faradilla, SP. M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. Edy, Marsudi, M.Si sebagai pembimbing anggota.
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adaJah apakah luas lahan garapan, tenaga kerja, dan biaya produksi berpengaruh terhadap pendapatan usahatani kacang hijau di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di 2 desa yaitu Desa Lamtamot dan Suka Mulya Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Objek penelitian ini adalah petani yang mempunyai usahatani kacang hijau dengan ruang lingkup penelitian yaitu terbatas pada faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usahatani kacang hijau .Adapun tujuan penelitian ini adalal untuk mengetahui besarnya pengaruh luas lahan garapan, tenaga kerja, dan biaya produksi terhadap pendapatan usahatani kacang hijau di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (Sample Random Sampling). Besarnya sampel yang diambil sebanyak 50 % dari populasi. Dengan demikian besarnya sampel sebanyak 28 orang petani.
Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dapat di analisis dengan menggunakan regresi linear berganda sebagai berikut: Luas lahan garapan (X1), tenaga kerja (X2), dan biaya produksi (X3), sebagai variabel independen (bebas), sedangkan Y sama dengan pendapatan sebagai variabel dependen (terikat) .Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor luas lahan, tenaga kerja dan biaya produksi berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani kacang hijau.Adapun saran yang dapat penulis berikan berdasarkan kesimpulan di atas yaitu dalam kegiatan usahatani kacang hijau tersebut, sebaiknya para petani dalam pengunaan luas lahan dapat lebih dimaksimalkan dari jumlah penanaman, sedangkan pada penggunaan tenaga kerja diharapkan dapat lebih dikurangi sehingga jumlah penggunaan tenaga kerja akan semakin kecil atau salah satunya lebih memaksimalkan penggunaan tenaga kerja yang berasal dari dalam keluarga. Sedangkan pada penggunaan modal sebaiknya disesuaikan dengan lahan yang dimiiki.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK