//

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN DAN TEMPERATUR CAIRAN PENDINGIN TERHADAP PROFIL BURR MENGGUNAKAN BAJA KARBON RENDAH DAN PAHAT HSS PADA PROSES GURDI.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang M. Zufar Ramadhan - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2021

Abstrak/Catatan

Proses penggurdian salah satu proses yang banyak digunakan dalam industri manufaktur. Terutama pada proses pembuatan lubang, Salah satu masalah yang belum teratasi pada proses pembuatan lubang adalah terjadinya burr pada hasil gurdi. Penelitian ini mempelajari parameter pemotongan yang ideal untuk meminimalisasi terjadinya burr sehingga tidak memerlukan proses lainnya serta mempelajari pengaruh temperatur cairan pendingin terhadap terjadinya burr. Mesin yang digunakan untuk menggurdi yaitu CNC FOCUS ESEMKA VMC-L540 dan menggunakan mata pahat NACHI jenis twist drill HSS yang berdiameter 5 mm. Parameter pemesinan yang digunakan yaitu putaran Spindle 600 rpm, 1300 rpm, 2000 rpm, pemakanan 108, 130, 140 mm/min, temperatur cairan pendingin 15oC, cairan pendingin 25oC, dan tanpa cairan pendingin. Untuk mengetahui ketinggian burr yang dihasilkan, pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur ketinggian (height gauge). Ketinggian burr tertinggi didapat pada putaran Spindle 600 rpm pada laju pemakanan 140 mm/min tanpa menggunakan cairan pendingin yaitu 0,73 mm dan burr terendah didapat pada putaran Spindle 2000 rpm laju pemakanan 108 mm/min dengan menggunakan cairan pendingin bertemperatur 15oC yaitu 0,15 mm.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PENDINGIN TERHADAP RAMBATAN PANAS PADA PAHAT DAN BENDA UJI HASIL PEMBUBUTAN (muharli, 2014)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP GAYA TEKAN DAN PROFIL BURR PADA PROSES GURDI (Andi Zairawan, 2016)

ANALISA RAMBATAN TEMPERATUR PADA PROSES BUBUT TERHADAP PAHAT HSS DAN BENDA UJI (HAFIZUDDIN, 2014)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN DAN KETEBALAN PLAT TERHADAP KUALITAS LUBANG UNTUK BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG PADA PROSES DRILLING. (NURDINSYAH, 2013)

PENGARUH KONDISI CAIRAN PENDINGIN TERHADAP KEAUSAN CUTTER END MILL HSS PADA PROSES PEMESINAN BAJA KARBON SEDANG (rifqi fadli azhar hasibuan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy