//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI CABAI MERAH DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUGIONO - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sugiono "Analisis Pendapatan Usahatani Cabai Merah Di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar" Dibawah bimbingan Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si sebagai pembimbing utama dan Ibu Zakiah, SP, M.Si sebagai pembimbing kedua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah usahatani cabai merah yang diusahakan petani di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar telah memberikan pendapatan yang layak. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di desa Lubuk Batee, Desa Siron dan Desa Bineh Blang Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan usahatani cabai merah yang diusahakan petani di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah petani cabai merah di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar yang mengusahakan cabai merah dengan jumlah 125 orang petani cabai merah yang tersebar di 3 Desa. Besar sampel yang diambil sebesar 20% dari jumlah populasi yang terdapat pada masing-masing desa tempat objek tinggal yaitu sebanyak 25 orang petani cabai merah. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya pendapatan yang diperoleh sebesar Rp.20.009.559.- per Ha per MT, dimana nilai penerimaan total usaha sebesar Rp.40.425.000,- per Ha per MT dan besarnya biaya produksi yaitu Rp.20.415.441,- per Ha per MT. Sedangkan usahatani cabai merah di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar layak diusahakan dan mengalami keuntungan dengan BEP Volume produksi = 1.944,33 Kg Per MT dan BEP harga produksi= Rp.5.303,71 per Kg.. Adapun hasil B C ratio = 1,98, ROI sebesar 98,01%.Tingkat keuntungan yang diperoleh selama ini, tidak terjadi penurunan, maka pengelolaan usahatani secara lebih intensif akan sangat membantu petani dalam menjaga tingkat keuntungan tersebut. Selain itu perluasan areal tanam akan sangat membantu meningkatkan tingkat keuntungan petani

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PENGELOLAAN ZAKAT DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Romi Juliansyah, 2020)

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

PENGARUH BIAYA SARANA PRODUKSI DAN HARGA JUAL PRODUK SERTA MULSA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUN L.) DI DESA MEUNASAH MESJID LAMPUUK KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Ully Herriansyah, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN DAN TITIK IMPAS USAHATANI CABAI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (M. Syawal Pahlevi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy