//

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendra Zulhelmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hendra Zuhelmi dengan Judul Skripsi "Pengaruh Faktor-faktor Produksi Terhadap Pendapatan Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya", Adapun pembimbing dalam penelitian ini yaitu pembimbing utama Bapak Dr. Ir. Azhar Muslim, M.S dan pembimbing kedua Ibu Cut Faradilla, SP, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah faktor-faktor produksi seperti modal, luas lahan dan tenaga kerja mempengaruhi pendapatan petani kelapa sawit Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Tujuan penelitian ini adalah pengaruh faktor produksi modal, luas lahan dan tenaga kerja terhadap pendapatan petani kelapa sawit Kecamatan Kuala Nagan Raya. Besar sampel yang diambil ada 1O persen dari jumlah populasi yaitu sebanyak 132 petani, jumlah desa sampel yang terpilih sebanyak. 2 desa. Besarnya pendapatan yang diterima petani sawit di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya yaitu Rp.23.113.828 per Ha per Tahun dengan besarnya biaya produksi yang harus dikeluarkan yaitu Rp.4.283.096 per Ha per Tahun dan nilai produksi yang dihasilkan yaitu Rp.27.396.923 per Ha per Tahun. Secara serempak faktor luas lahan, modal dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap pendapatan. Secara parsial faktor luas lahan, modal dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap pendapatan usaha perkebunan kelapa sawit.Untuk meningkatkan produksi kelapa sawit, perlu di perhatikan penggunaan sarana produksi yang sesuai. Dalam artian efisien sehingga tujuan akhir dari proses produksi yaitu meningkatkan pendapatan dapat tercapai.Perlunya penempatan tenaga kerja yang mempunyai keahlian sehingga tidak terjadi pemborosan penggunaan modal dan tenaga kerja pada perkebunan kelapa sawit

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONVERSI LAHAN TANAMAN KAKAO MENJADI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (MARZUKI YUSRIADI, 2015)

MOTIVASI PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Masrafit, 2013)

STUDI KOMPARATIF EFESIENSI PEMASARAN GABAH MELALUI KOPERASI DAN NON KOPERASI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (KASTRI HANDAYANI, 2015)

KARAKTERISTIK DAN KENDALA PETANI DALAM USAHATANI KELAPA SAWIT RAKYAT DI KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA (NUR KHOTIMAH, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SUB SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (Muji burrahmat, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy