FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI UDANG WINDU DI KECAMATAN SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI UDANG WINDU DI KECAMATAN SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR


Pengarang

Juraini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0051223048

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Juraini, "Faktor - faktor yang Mempengaruhi Produksi Udang Windu di Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Acch Timur". Dibawah bimbingan Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si sebagai pembimbing utama dan ibu Agustina Arida, SP. M.Si, sebagai pembimbing anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh luas lahan, biaya produksi, dan jumlah tenaga kerja mempengaruhi produksi udang windu di Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur. Penentuan lokasi penelitian dilakukaa secara purposive sampling, sedangkan pelaksanaannya dilakukan secara sensus Objek penelitian ini adalah usahatani budidaya tambak udang windu yang diusahakan oleh petani di daerah tersebut. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada produksi, biaya produksi, dan jumlah tenaga kerja, pada usahatani udang windu tersebut. Populasi yang diteliti ini adalah semua petani tambak di Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur yang mengusahakan udang windu dengan jumlah 25 orang. Maka besarnya sampel yang diambil adalah 25 orang.Hasil pengujian baik secara serempak maupun secara parsial bahwa, luas lahan, biaya produksi dan jumlah tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap hasil produksi udang windu Dalam penelitian ini 98% variasi yang terjali pada produksi usahatani tambak udang dipengaruhi oleh faktor luas lahan (X1), biaya produksi (X2) dan jumlah tenaga kerja (X3) Sedangkan sisanya sebesar 2 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.Faktor biaya produksi, dan jumlah produksi dapat ditingkatkan untuk meningkatkan skala usaha dari semi intensif ke pola intensif sehingga keuntungan yang diperolehpun lebih besar dari sebelumnya Untuk menjaga agar tingkat dan jumlah keuntungan selalu tetap maka para petani tambak udang melakukan efisiensi dalam penggunaan biaya produksi dan mengatur besarnya margin harga jual produsen ke konsumen.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK