//

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHA AIR NIRA (IE JOK MAMEH) DAN GULA AREN DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKA RACHMAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rizka Rachmawati dengan judul skripsi Analisis Komparatif Pendapatan Usaha Air Nira (le Jok Mameh) dan Gula Aren di Kabupaten Aceh Besar", dengan pembimbing pertama Bapak Ir. Edy Marsudi, M. Si dan lbu Dr. Ir. Ismayani, M. Si sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan usaha air nira dengan usaha gula aren yang terdapat di Kabupaten Aceb Besar. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan mengacak seluruh kecamatan penghasil nira aren yang ada di Kabupaten Aceh Besar, sehingga didapatlah Kecamatan Montasik dan Kecamatan Kuta Malaka. Objek penelitian ini adalah usaha air nira dan usaha gula aren. Analisis ekonomi dalam penelitian ini menggunakan metode Uji t sampel beda (Independent Sample t Test), tujuannya untuk melihat perbedaan pendapatan antara usaha air nira dengan usaha gula aren. Sementara untuk faktor-faktor yang mengaruhi motivasi usaha gula aren akan dibahas menggunakan metode deskriptif. Hasil perhitungan dengan melakukan pengujian statistik uji t dihasilkan nilai -tie -tasat (-3,848 < -2,318). Ini berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha,) diterima, yaitu ada perbedaan pendapatan usaha air nira dengan usaha gula aren. Nilai ting yang negatif, menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan air nira lebih rendab dari pada rata-rata pendapatan usaha gula aren. Pendapatan usaha gula aren lebih besar dibandingkan gula aren karena dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu baban baku, dan kuantitas penjualan gula lebih besar dibandingkan air nira (ie jok uaeh). Dan Hasil wawancara dengan responden usaha gula aren diketahui bahwa motivasi usaha gula aren dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Penggunaan kemasan yang lebih baik dan layak sangat disarankan pada usaha air nira, sehingga dapat menarik minat se:rta meyakinkan konsumen untuk mengkonsumsi air nira. Selain itu diharapkan kedepannya pohon aren mendapat perhatian sehingga pohon aren dapat dibudidayakan di Aceh. Mengingat sangat banyak manfaat yang dapat diambil dari pohon aren. Hasil yang diperoleh dari pohon aren ini memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga dapat dijadikan mata pencaharian dalam rangka meningk.aat pendapatan masyarakat Aceh, terutama pada daerab penelitiao yaitu Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN PENGAWET ALAMI DAN LAMA PENYIMPANAN NIRA AREN TERHADAP KUALITAS GULA AREN (Arif Fadhillah, 2018)

KAJIAN NIRA DAN GULA MERAH PADA BEBERAPA JENIS TUMBUHAN FAMILIA ARECACEAE (HUSNUL ZAHARA, 2017)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGRAJIN DALAM PEMILIHAN PRODUK OLAHAN TANAMAN AREN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Amilya, 2013)

ANALISIS KEBUTUHAN BANGSAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP EFISIENSI TENAGA KERJA DAN PENDAPATAN PENGRAJIN GULA AREN DI KECAMATAN PINING KABUPATEN GAYO LUES (MENTI MENTARI, 2016)

ANALISIS RANTAI NILAI DAN DAYA SAING GULA MERAH TEBU DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Bagio, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy