ANALISJS PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH (ARACHIS HIPOGAEA) DI MUKIM LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISJS PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH (ARACHIS HIPOGAEA) DI MUKIM LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Ruli Rinaldi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0205102010087

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ruli Rinaldi "Analisis Pendapatan Usahatani Kacang Tanah di Mukim Lamlbom Kecamatan Lboknga Kabupaten Aceh Besar", dibawah bimbingan Ibu Agustina Arida, S.P, M.Si selaku pembimbing utama dan Bapak Dr. Ir. Azhar Muslim, M. S selak:u pembimbing kedua. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis pendapatan usahatani kacang tanah di Mukim Lamlhom Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di Mukim Lamlhom Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, dengan pertimbangan di Mukim Lamlhom memiliki usahatani kacang tanah yang dominan dan terluas di Kecamatan Lhoknga, dan Objek dari penelitian ini adalah petani yang mengusahakan usahatani kacang tanah yang berada di daerah penelitian. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada analisis pendapatan dan keuntungan usahatani kacang tanah. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling ( sistem acak sederhana).


Berdasarkan basil penelitian didapat bahwa rata-rata pendapatan usahatani kacang tanah di daerah penelitian adalah sebesar Rp 8.611.930 / musim tanam, dengan rata-rata perhektanya adalah sebesar Rp 33.122.811 / musim tanarn, dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa usahatani ini sudah mencapai keuntungan. Nilai B/C Ratio > 1 yaitu sebesar 7, 18. ini berarti setiap penambahan biaya sebesar 1 Rupiah, maka akan mendatangkan pendapatan sebesar Rp. 7,18 .

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK