//

UJI KINERJA SISTEM PENGERINGAN PEMANAS INFRAMERAH DAN ENERGI SURYA PADA GABAH LAPISAN TEBAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD AKMAL FAUZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengering inframerah dapat mengeringkan suatu gabah dengan cepat, namun umumnya pengeringan lebih cepat pada bagian permukaan produk. Pengeringan gabah menggunakan alat pengering inframerah supaya gabah dapat dikeringkan dengan cepat dan higenis akan tetapi ketika ketebalan tumpukan gabah ditingkatkan, maka kadar air gabah baik pada bagian atas, tengah, dan bawah akan semakin meningkat.. Rancangan rumah pengering dapat dilihat pada Gambar 3. Rumah pengering tersebut terdiri dari pemanas inframerah, mikrokontroler, empat sensor suhu dan kelembaban, dua sensor kadar air, dua fan komputer, satu relay, ruang pengering untuk meletakkan gabah, dan ruang untuk meletakkan laptop dan mikrokontroler. Panjang, lebar dan tinggi ruang pengering masing-masing 50 cm x 50 cm x 30 cm. Dua sensor suhu dan kelembaban digunakan diletakkan di dalam gabah (bagian atas dan bawah gabah), dan 2 sensor suhu dan kelembaban diletakkan di dalam dan diluar alat pengering (lingkungan). Begitu juga dengan sensor kadar air, diletakkan pada bagian lapisan atas dan bawah gabah. Peletakan sensor-sensor ini berguna untuk mengetahui distribusi suhu, kelembaban, dan kadar air gabah pada lapisan atas dan bawah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan daya pemanas inframerah 100 W dapat diaplikasikan sebagai alternatif pengering gabah jika suhu lingkungan kurang menguntungkan (suhu 30°C atau lebih), Pengering inframerah (25 W – 100 W) dan surya dapat mengeringkan gabah dengan cepat dengan ketebalan 2 cm – 6 cm dengan waktu antara 90-150 menit.Kata Kunci : Gabah Padi Varietas Ciherang Blang Bintang, Multikontroler Arduino Uno.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL KOLEKTOR SURYA DILENGKAPI MATERIAL PENYIMPAN ENERGI PANAS (T.M. INDRA RIAYATSYAH, 2014)

UJI EKSPERIMENTAL SISTEM PEMANAS AIR TENAGA SURYA MEMANFAATKAN MATERIAL PENYIMPAN PANAS (Razi Muhammad, 2014)

ANALISA SISTEM PENAMBAHAN KOLEKTOR SURYA SEBAGAI PENYUPLAI PANAS PADA SISTEM PENGERING IKAN (Eri Eka Putra, 2017)

KAJIAN KARAKTERISTIK PERALATAN PENGERING HYBRID( ENERGI SURYA DAN GAS LPG ) UNTUK PENGERINGAN BIJI KAKAO (misswar abd, 2016)

KAJI SISTEM PENGERING KAKAO DENGAN MENGGUNAKAN ENERGI HYBRID (ENERGI MATAHARI DAN BAHAN BAKAR GAS) (Farid Isnan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy