//

TINGKAT PENGETAHUAN, MINAT, DAN PERSEPSI MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP KEILMUAN KEDOKTERAN FORENSIK DAN MEDIKOLEGAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FATHIN HIDAYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ilmu kedokteran forensik dan medikolegal merupakan penerapan prinsip dan praktik ilmu kedokteran untuk membantu administrasi peradilan. Saat ini jumlah dokter forensik dan medikolegal di Indonesia sebanyak 271 orang, tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten atau kota. Provinsi Aceh sendiri hanya memiliki 2 orang dokter forensik dan medikolegal. Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya dokter forensik dan medikolegal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan, minat, dan persepsi mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh terhadap keilmuan kedokteran forensik dan medikolegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara responden yang memenuhi kriteria inklusi mengisi kuesioner online yang dikembangkan oleh peneliti yang telah diuji validitas dengan Content Validity Ratio/CVR. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 102 mahasiswa kepaniteraan klinik yang telah melewati stase ilmu kedokteran forensik dan medikolegal sebagai sampel dimana terdapat 99 orang (97,1%) memiliki pengetahuan baik dan 3 responden (2,9%) memiliki pengetahuan cukup. Minat tinggi terkait keilmuan kedokteran forensik dan medikolegal yaitu 65 orang (63,7%) dan 61 responden (59,8%) memiliki persepsi positif terhadap keilmuan kedokteran forensik dan medikolegal. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala memiliki pengetahuan baik, minat tinggi, dan persepsi positif terhadap keilmuan kedokteran forensik dan medikolegal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN KOGNITIF DENGAN HASIL PENILAIAN KOGNITIF ROTASI KLINIK ILMU KEDOKTERAN FORENSIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2019 (AZARIEN AULIA, 2020)

PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TENTANG DOKTER LAYANAN PRIMER (MUTHIA RANA ZAHRA, 2017)

TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK MENGENAI PROTEKSI RADIASI PADA PENGAMBILAN FOTO ROENTGEN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNSYIAH (yusmar, 2014)

TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK KEDOKTERAN GIGI TERHADAP MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNSYIAH (Rizky Setiawan , 2016)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy