//

PENERAPAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS WEB DIPADUKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Della Moliza Karlina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Belum maksimalnya motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dikarenakan peserta didik masih merasakan kondisi pembelajaran yang belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuat asumsi dan melakukan suatu eksperimen untuk memperoleh pengetahuannya sendiri. Kondisi tersebut disebabkan oleh peserta didik hanya mengacu pada modul konvensional yang berisi materi dalam bentuk tertulis saja. Hal tersebut menunjukkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik di kelas X SMAN 1 Krueng Barona Jaya dan SMAN 1 Peukan Bada masih kurang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi- eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Krueng Barona Jaya dan SMAN 1 Peukan Bada yang berjumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 105 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi siswa yaitu angket dan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan soal tes pilihan ganda berupa soal Pretest dan Posttest. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji paired sample t-tes dan independent sample t-tes, pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan modul elektronik berbasis web dipadukan dengan model pembelajaran problem-based yang diterapkan pada materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMAN Aceh Besar sudah sesuai. 2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran tentang materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMAN Aceh Besar, dan 3) penerapan modul elektronik berbasis web dipadukan dengan metode problem-based dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMAN Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH (KHARINA AREEISTY, 2019)

IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA (SORAYA ULFAH, 2020)

PENERAPAN MODUL BERBASIS FREE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN BIREUEN (Mardani, 2021)

PENERAPAN MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (SUWIDAH, 2019)

PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERBASIS PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rita Astarina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy