ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI TAMBAK UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI DI DESA LAM NGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI TAMBAK UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI DI DESA LAM NGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Wirza Dini Hera - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0205102010104

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

WIRZA DINI HERA dengan judul skripsi "Analisis Perbandingan Pendapatan Petani Tambak Udang Windu (Penaeus monodon) Sebelum dan Sesudah Tsunami di Desa Lam nga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar" dengan pembimbing utama Bapak Prof. Dr. Ir. H. M Hassan Su'ud, M.Sc dan pembimbing kedua Bapak Ir. Kadir Zailani MP.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah berapa besarnya perbedaan tingkat pendapatan petani udang windu sebelum dan sesudah tsunami di Desa Lam nga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat perbedaan pendapatan petani udang windu (penaeus monodon) sebelum dan sesudah tsunami di Desa Lam nga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan secara sengaja (Purposive Sampling). Dengan objek penelitian ini adalah para petani tambak udang windu yang menggunakan sistem pengelolaan tradisional (pola alami/sederhana). Tekhnik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederbana (Simple Random Sampling) sebanyak 51 % dari 39 petani pemilik tambak yang ada yaitu 20 sampel.
Pendapatan rata-rata petani tarnbak udang windu pada saat sebelum dan sesudah tsunami pendapatan bersihnya sebesar Rp. 80.725.600 dan per hektarnya Rp. 21.817.729,72 sedagkan petani tambak udang windu pada masa setelah tsunami pendapatannya Rp. 14.761.300 dan per hektarnya Rp. 10.180.206,89. Sehingga diperoleh nilai t cari sebesar 55,5 untuk pendapatan petani tambak udang windu pada masa sebelum dan sesudah tsunami sedangkan nilai t tabel pada taraf kenyataan 0,95 sebesar 1.73 dengan demikian menunjukkan perbedaan yang nyata dimana tcari>t tabel. Berarti petani tambak udang pada masa sebelum tsunami lebih besar pendapatannya dan lebih menguntungkan dari pada petani tambak udang windu pada masa sesudah tsunami.






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK