//

STRATEGI MARKETING POLITIK T.IRWAN DJOHAN DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF DI DAPIL I TAHUN 2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BAYU SANDRIA P U - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sosok T.Irwan Djohan merupakan anggota legislatif terpilih di Dapil 1 pada saat pemilu di Kota Banda Aceh Tahun 2019. Rekam jejaknya sebagai anggota politisi di seputaran daerah pemilihan : Aceh Besar, Kota Banda Aceh, dan Sabang menjadikannya banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Berbagai penilaian disematkan kepada T.Irwan Djohan, karena kemenangannya berada diatas kekalahan partai pengusung NasDem di pemilihan nasional Tahun 2019. Maka dari itu, secara teoritis kemenangan T.Irwan Djohan menjadi hal yang menarik. Karena berbagai sentimen nasional mempengaruhi kemenangan partai NasDem saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi politik T.Irwan Djohan dalam memenangkan pemilihan legislatif DPRA Tahun 2019 dan untuk mengetahui elektabilitasnya di pemilu DPRA. Adapun penelitian ini menggunakan teori marketing politik dan positioning politik. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-dept interview) dan kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi yang dilakukan T.Irwan Djohan adalah melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan hadir secara langsung, baik bertatap muka. Pendekatan lainnya adalah dengan para “influencer” , serta melakukan pendekatan dengan media sosial. T.Irwan Djohan juga melakukan pendekatan dengan kaum “milenial” dengan menggunakan pola spanduk, iklan, poster, dan ikut serta dalam kegiatan “anak muda”. T.Irwan Djohan juga menampilkan sosok anggota DPR yang transparan terhadap keuangannya. Elektabilitas yang naik disebabkan oleh rekam jejak T.Irwan Djohan selama menjabat sebagai anggota DPRA di periode sebelumnya. masyarakat melihat sosok figure nya, bukan dari partai pengusung T.Irwan Djohan. Kemudian, elektabilitas ini didukung dengan citra T.Irwan Djohan yang baik pada saat menjabat sebagai anggota DPRA baik di periode sebelumnya atau saat ini. Maka dari itu diharapkan bakal calon anggota legislatif untuk dapat mengikuti gaya strategi politik T.Irwan Djohan agar mampu memenangkan pemilu dan menaikkan elektabilitasnya. Kata Kunci : T.irwan Djohan, Pemilu, Partai ABSTRAK Sosok T.Irwan Djohan merupakan anggota legislatif terpilih di Dapil 1 pada saat pemilu di Kota Banda Aceh Tahun 2019. Rekam jejaknya sebagai anggota politisi di seputaran daerah pemilihan : Aceh Besar, Kota Banda Aceh, dan Sabang menjadikannya banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Berbagai penilaian disematkan kepada T.Irwan Djohan, karena kemenangannya berada diatas kekalahan partai pengusung NasDem di pemilihan nasional Tahun 2019. Maka dari itu, secara teoritis kemenangan T.Irwan Djohan menjadi hal yang menarik. Karena berbagai sentimen nasional mempengaruhi kemenangan partai NasDem saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi politik T.Irwan Djohan dalam memenangkan pemilihan legislatif DPRA Tahun 2019 dan untuk mengetahui elektabilitasnya di pemilu DPRA. Adapun penelitian ini menggunakan teori marketing politik dan positioning politik. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-dept interview) dan kajian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi yang dilakukan T.Irwan Djohan adalah melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan hadir secara langsung, baik bertatap muka. Pendekatan lainnya adalah dengan para “influencer” , serta melakukan pendekatan dengan media sosial. T.Irwan Djohan juga melakukan pendekatan dengan kaum “milenial” dengan menggunakan pola spanduk, iklan, poster, dan ikut serta dalam kegiatan “anak muda”. T.Irwan Djohan juga menampilkan sosok anggota DPR yang transparan terhadap keuangannya. Elektabilitas yang naik disebabkan oleh rekam jejak T.Irwan Djohan selama menjabat sebagai anggota DPRA di periode sebelumnya. masyarakat melihat sosok figure nya, bukan dari partai pengusung T.Irwan Djohan. Kemudian, elektabilitas ini didukung dengan citra T.Irwan Djohan yang baik pada saat menjabat sebagai anggota DPRA baik di periode sebelumnya atau saat ini. Maka dari itu diharapkan bakal calon anggota legislatif untuk dapat mengikuti gaya strategi politik T.Irwan Djohan agar mampu memenangkan pemilu dan menaikkan elektabilitasnya. Kata Kunci : T.irwan Djohan, Pemilu, Partai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI MARKETING POLITIK T.IRWAN DJOHAN DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF DI DAPIL I TAHUN 2019 (BAYU SANDRIA P U, 2020)

KEKALAHAN PARTAI GOLKAR DI DAPIL 4 KOTA BANDA ACEH PADA PEMILU TAHUN 2019 (MUHAMMAD MAUVAL ZUHRIANSYAH, 2020)

STRATEGI PEMENANGAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DIKOTA BANDA ACEH (JUVINDA, 2015)

PENGARUH IKLAN POLITIK BALIHO SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI KAMPANYE “T. IRWAN DJOHAN” PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Regina Yulandari, 2017)

STRATEGI MARKETING POLITIK H. SUDIRMAN (HAJI UMA) (STUDI ANALISIS NAIKNYA PEROLEHAN SUARA SECARA SIGNIFIKAN PADA PEMILIHAN ANGGOTA DPD RI TAHUN 2019) (DHIAURRAHMAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy