Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
STRATEGI MARKETING POLITIK T.IRWAN DJOHAN DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF DI DAPIL I TAHUN 2019
Pengarang
BAYU SANDRIA P U - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1310103010054
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Politik (S1) / PDDIKTI : 67201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Sosok T.Irwan Djohan merupakan anggota legislatif terpilih di Dapil 1
pada saat pemilu di Kota Banda Aceh Tahun 2019. Rekam jejaknya sebagai
anggota politisi di seputaran daerah pemilihan : Aceh Besar, Kota Banda Aceh,
dan Sabang menjadikannya banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat.
Berbagai penilaian disematkan kepada T.Irwan Djohan, karena kemenangannya
berada diatas kekalahan partai pengusung NasDem di pemilihan nasional Tahun
2019. Maka dari itu, secara teoritis kemenangan T.Irwan Djohan menjadi hal yang
menarik. Karena berbagai sentimen nasional mempengaruhi kemenangan partai
NasDem saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi politik
T.Irwan Djohan dalam memenangkan pemilihan legislatif DPRA Tahun 2019 dan
untuk mengetahui elektabilitasnya di pemilu DPRA. Adapun penelitian ini
menggunakan teori marketing politik dan positioning politik. Dalam penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif sebagai
pendekatan penelitian. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam (in-dept interview) dan kajian kepustakaan. Hasil dari
penelitian ini bahwa strategi yang dilakukan T.Irwan Djohan adalah melakukan
pendekatan kepada masyarakat dengan hadir secara langsung, baik bertatap muka.
Pendekatan lainnya adalah dengan para “influencer” , serta melakukan pendekatan
dengan media sosial. T.Irwan Djohan juga melakukan pendekatan dengan kaum
“milenial” dengan menggunakan pola spanduk, iklan, poster, dan ikut serta dalam
kegiatan “anak muda”. T.Irwan Djohan juga menampilkan sosok anggota DPR
yang transparan terhadap keuangannya. Elektabilitas yang naik disebabkan oleh
rekam jejak T.Irwan Djohan selama menjabat sebagai anggota DPRA di periode
sebelumnya. masyarakat melihat sosok figure nya, bukan dari partai pengusung
T.Irwan Djohan. Kemudian, elektabilitas ini didukung dengan citra T.Irwan
Djohan yang baik pada saat menjabat sebagai anggota DPRA baik di periode
sebelumnya atau saat ini. Maka dari itu diharapkan bakal calon anggota legislatif
untuk dapat mengikuti gaya strategi politik T.Irwan Djohan agar mampu
memenangkan pemilu dan menaikkan elektabilitasnya.
Kata Kunci : T.irwan Djohan, Pemilu, Partai
ABSTRAK
Sosok T.Irwan Djohan merupakan anggota legislatif terpilih di Dapil 1
pada saat pemilu di Kota Banda Aceh Tahun 2019. Rekam jejaknya sebagai
anggota politisi di seputaran daerah pemilihan : Aceh Besar, Kota Banda Aceh,
dan Sabang menjadikannya banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat.
Berbagai penilaian disematkan kepada T.Irwan Djohan, karena kemenangannya
berada diatas kekalahan partai pengusung NasDem di pemilihan nasional Tahun
2019. Maka dari itu, secara teoritis kemenangan T.Irwan Djohan menjadi hal yang
menarik. Karena berbagai sentimen nasional mempengaruhi kemenangan partai
NasDem saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi politik
T.Irwan Djohan dalam memenangkan pemilihan legislatif DPRA Tahun 2019 dan
untuk mengetahui elektabilitasnya di pemilu DPRA. Adapun penelitian ini
menggunakan teori marketing politik dan positioning politik. Dalam penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif sebagai
pendekatan penelitian. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam (in-dept interview) dan kajian kepustakaan. Hasil dari
penelitian ini bahwa strategi yang dilakukan T.Irwan Djohan adalah melakukan
pendekatan kepada masyarakat dengan hadir secara langsung, baik bertatap muka.
Pendekatan lainnya adalah dengan para “influencer” , serta melakukan pendekatan
dengan media sosial. T.Irwan Djohan juga melakukan pendekatan dengan kaum
“milenial” dengan menggunakan pola spanduk, iklan, poster, dan ikut serta dalam
kegiatan “anak muda”. T.Irwan Djohan juga menampilkan sosok anggota DPR
yang transparan terhadap keuangannya. Elektabilitas yang naik disebabkan oleh
rekam jejak T.Irwan Djohan selama menjabat sebagai anggota DPRA di periode
sebelumnya. masyarakat melihat sosok figure nya, bukan dari partai pengusung
T.Irwan Djohan. Kemudian, elektabilitas ini didukung dengan citra T.Irwan
Djohan yang baik pada saat menjabat sebagai anggota DPRA baik di periode
sebelumnya atau saat ini. Maka dari itu diharapkan bakal calon anggota legislatif
untuk dapat mengikuti gaya strategi politik T.Irwan Djohan agar mampu
memenangkan pemilu dan menaikkan elektabilitasnya.
Kata Kunci : T.irwan Djohan, Pemilu, Partai
Tidak Tersedia Deskripsi
STRATEGI MARKETING POLITIK T.IRWAN DJOHAN DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF DI DAPIL I TAHUN 2019 (BAYU SANDRIA P U, 2020)
KEKALAHAN PARTAI GOLKAR DI DAPIL 4 KOTA BANDA ACEH PADA PEMILU TAHUN 2019 (MUHAMMAD MAUVAL ZUHRIANSYAH, 2020)
KEMENANGAN SALIHIN DI DAPIL IV UNTUK DPRA PADA PEMILU 2019 (KIKI REZEKI ADHA, 2022)
STRATEGI PEMENANGAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DIKOTA BANDA ACEH (JUVINDA, 2015)
PENGARUH IKLAN POLITIK BALIHO SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI KAMPANYE “T. IRWAN DJOHAN” PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Regina Yulandari, 2017)