//

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI HIBRIDA DAN NON HIBRIDA DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WINDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Winda Studi Komparatif Pendapatan Petani Padi Hibrida dan Non Hibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar". Bapak Prof. Dr. Ir. H. M. Hassan Su'ud, M.Sc. selaku dosen pembimbing utama dan Ir. Azhar A. Gani, M.Sc. selaku pembimbing kedua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan produksi padi hibrida dibandingkan dengan produksi padi non hibrida dan mengetahui perbedaan pendapatan petani padi hibrida dibandingkan dengan pendapatan petani padi non hibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Objek penelitian ini adalah para petani yang mengusahakan padi hibrida dan padi non hibrida di daerah penelitian. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel acak sederhana (simple random sampling). Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan benih hibrida di Kabupaten Aceh Besar terutama di Kecamatan Indrapuri baru dimulai sejak tahun 2003, namun baru pada tahun 2007 mulai dikembangkan. Penggunaan padi hibrida tersebut kian memantapkan posisi Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu daerah yang menyumbang peningkatan produksi padi di Provinsi Aceh.Dari hasil analisis dengan menggunakan Uji - t, untuk perbandingan produksi antara padi hibrida dengan padi non hibrida diperoleh nilai thitung sebesar 1,869 dan nilai ttabel diperoleh 1,717 pada taraf nyata (nyata (α) = 0,05 serta untuk perbandingan pendapatan petani antara petani padi hibrida dengan padi non hibrida diperoleh nilai thitung sebesar 2,932 dan nilai ttabel diperoleh 1,717 pada taraf nyata (α) = 0,05. Dengan demilcian hipotesis yang telah dikemukakan dapat dibuktikan, yaitu produksi padi hibrida lebih tinggi dibandingkan dengan produksi padi non bibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dan pendapatan petani padi hibrida lebih besar dibandingkan dengan pendapatan petani padi non hibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI HIBRIDA DAN PADI NON HIBRIDA DI KECAMATAN MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Rosmanidar, 2021)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG MANIS DAN JAGUNG HIBRIDA DI KECAMA TAN LEMBAH SEULA WAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rizka Hasmiyani, 2020)

ANALISIS KOMPERATIF TINGKAT KEUNTUNGAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA PANEN MUDA DAN PANEN TUA (PIPIL) (STUDI KASUS DI DESA BLANG LAMBARO KEC.AMATAN LEMBAH SEULAWAH ACEB BESAR) (Nurita Puri, 2021)

PENGARUH FAKTOR PRODUKSI LUAS LAHAN,BIAYA PRODUKSI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH HIBRIDA ARIZE HIBRINDOR-1 DI KECAMATAN KUTA BARO ACEH BESAR (Mahyuddin, 2021)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy