STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI HIBRIDA DAN NON HIBRIDA DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI HIBRIDA DAN NON HIBRIDA DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

WINDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0705102010033

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Winda Studi Komparatif Pendapatan Petani Padi Hibrida dan Non Hibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar". Bapak Prof. Dr. Ir. H. M. Hassan Su'ud, M.Sc. selaku dosen pembimbing utama dan Ir. Azhar A. Gani, M.Sc. selaku pembimbing kedua.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan produksi padi hibrida dibandingkan dengan produksi padi non hibrida dan mengetahui perbedaan pendapatan petani padi hibrida dibandingkan dengan pendapatan petani padi non hibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.
Objek penelitian ini adalah para petani yang mengusahakan padi hibrida dan padi non hibrida di daerah penelitian. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel acak sederhana (simple random sampling).
Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan benih hibrida di Kabupaten Aceh Besar terutama di Kecamatan Indrapuri baru dimulai sejak tahun 2003, namun baru pada tahun 2007 mulai dikembangkan. Penggunaan padi hibrida tersebut kian memantapkan posisi Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu daerah yang menyumbang peningkatan produksi padi di Provinsi Aceh.Dari hasil analisis dengan menggunakan Uji - t, untuk perbandingan produksi antara padi hibrida dengan padi non hibrida diperoleh nilai thitung sebesar
1,869 dan nilai ttabel diperoleh 1,717 pada taraf nyata (nyata (?) = 0,05 serta untuk perbandingan pendapatan petani antara petani padi hibrida dengan padi non
hibrida diperoleh nilai thitung sebesar 2,932 dan nilai ttabel diperoleh 1,717 pada taraf nyata (?) = 0,05. Dengan demilcian hipotesis yang telah dikemukakan dapat dibuktikan, yaitu produksi padi hibrida lebih tinggi dibandingkan dengan produksi padi non bibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dan pendapatan petani padi hibrida lebih besar dibandingkan dengan pendapatan petani padi non hibrida di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.










Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK