ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN NELAYAN YANG MENGGUNAKAN KAPAL MOTOR DAN MOTOR TEMPEL PASCA TSUNAMI DI DESA LAMPULO KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN NELAYAN YANG MENGGUNAKAN KAPAL MOTOR DAN MOTOR TEMPEL PASCA TSUNAMI DI DESA LAMPULO KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Noningsih - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

015210063

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

NONINGSH Analisis Perbandingan Pendapatan Nelayan yang menggunakan Kapal Motor dan Motor Tempel Pasca Tsunami di Desa Lampulo Kota Banda Aceh. Dengan Bimbigan Bapak Ir. M. Nasir Abdussamad, M,Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. T. Bachtiar Usman sebagai pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan nelayan yang menggunakan kapal motor dengan nelayan yang menggunakan motor tempel.
Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh langsung dari lapangan (data primer) dan data yang berasal dari instansi-instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian (data sekunder). Data primer diperoleh dengan mewawancarai langsung nelayan yang menggunakan kapal motor dan nelayan yang menggunakan motor tempel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak sederhana (sample random sampling) dengan jumlah nelayan 40 orang. Nelayan tersebut berada ditempat pelelangan ikan dan pangkalan pelabuhan ikan Banda Aceh yaitu di Desa Lampulo.Data yang dikumpulkan dilapangan, diolah dan ditabulasikan kemudian dipindahkan kedalam bentuk tabelaris sesuai dengan kebutuhan analisis. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t.Hasil penelitian memperlihatkan, terdapat perbedaan pendapatan antara nelayan yang menggunakan kapal motor dan nelayan yang menggunakan motor tempel dengan rata-rata sebesar Rp. 125. 853, 42. Nelayan yang menggunakan kapal motor biaya produksinya rata-rata selama sebulan didaerah penelitian sebesar Rp. 1.257.667,5 dengan jumlah hasil tangkapan rata-rata sebanyak 712,25 kg. Nilai produksi Rp. 4.262.250 dan rata-rata komisis yang dikeluarkan Rp. 1. 494. 470 Sehingga diperoleh rata-rata pendapatan sebesar Rp. 1.510.062,5.Adapun nelayan yang menggunakan motor tempel biaya angkut rata-rata sebesar Rp. 3.786.152,6 dengan jumlah volume angkut sebanyak 457,4 kg. Nilai angkut Rp. 5.267.500 dan rata-rata komisi yang dikeluarkan Rp. 121.038.35 sehingga diperoleh rata-rata pendapatan sebesar Rp. 1.384,209,5.
Hasil uji statistik (uji t) diperoleh thitung= 16,6 dan ttabel 0,05 = 1,73 dengan demikian thitung>ttabel yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho. Berarti pendapatan nelayan yang menggunakan kapal motor lebih besar jika dibandingkan dengan nelayan yang menggunakan motor tempel.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK