ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM PRIMA TANI DI DESA ANEUK GLEE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM PRIMA TANI DI DESA ANEUK GLEE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Popy Benovly - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102010095

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

POPY BENOVLY dengan judul skripsi "Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Sebelum dan Sesudah Program Prima Tani di Desa Aneuk Glee Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar". Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Ir. Agussabti, M.Si sebagai pembimbing pertama dan Ibu Cut Faradilla, S.P, M.Si selaku pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendapatan usahatani padi sawah sebelum dan sesudah program Prima Tani di Desa Aneuk Glee Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.
Daerah penelitian ditetapkan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Desa Aneuk Glee Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar yang merupakan lokasi pelaksanaan program Prima Tani yang ada di Provinsi Aceh. Teknik pengambilan sampel dengan metode sensus. Adapun besarnya sampel yang ditetapkan adalah 24 orang.
Hipotesis yang diturunkan adalah pendapatan usahatani padi sawah sesudah program Prima Tani lebih besar dibandingkan sebelum program Prima Tani di Desa Aneuk Glee Kecamatan lndrapuri Kabupaten Aceh Besar. Pengujian terhadap hipotesis yang telah diturunkan menggunakan statistik uji "t. Hal ini digunakan untuk melihat perbandingan pendapatan usahatani padi sawah sebelum dan sesudah program Prima Tani.Rata-rata nilai produksi usahatani padi yang diperoleh sebelum program Prima Tani sebesar 14.534.074 per hektar per musim tanam, sedangkan setelah program Prima Tani sebesar Rp. 20.399.407 per hektar per musim tanam. Untuk biaya produksi yang dikeluarkan pada usahatani padi sawah sebelum program Prima Tani sebesar Rp. 5.424.107 per hektar per musim tanam, sedangkan sesudah program Prima Tani sebesar Rp. 6.160.640 per hektar per musim tanam.Dari hasil penelitian menunjukkan pendapatan usahatani padi sawah sesudah program Prima Tani lebih besar dibandingkan pendapatan usahatani padi sawah sebelum program Prima Tani, hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata pendapatan usahatani padi sawah sesudah program Prima Tani sebesar Rp.14.238.767 per hektar per musim tanam sedangkan sebelum adanya program Prima Tani yaitu sebesar Rp. 9.109.967 per hektar per musim tanam. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung- 3,57 > ttabel = 1,71 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK