//

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI AYURA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ayura, Putri 2020. Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M.Pd (2) Rosmiati, S.Pd.I, M.Ed Kata kunci: Kemandirian, Bermain peran Penelitian ini mengangkat masalah tentang mengembangkan kemandirian anak melalui metode bermain peran. Perkembangan kemandirian sesuai dengan tahapan dan bentuk yang telah dicontohkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemandirian anak melalui metode bermain peran di TK IT Mon Kuta, Lambhuk, Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan unjuk kerja. Pengolahan data dengan deskriptif kualitatif melalui kata-kata dari setiap proses kegiatan bermain peran. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan segala informasi yang didapatkan dari unjuk kerja anak diuraikan dalam bentuk kalimat sehingga memberi gambaran tentang kemandirian anak. Perkembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun dilakukan melalui metode bermain peran yang dipandu oleh guru dengan cara guru memeberitahukan peraturan, mengenal tentang bermain peran, menyampaikan alur cerita yang akan diperankan, memperagakan atau mendemonstrasikan cara bermain peran, menanyakan kepada anak tentang kegiatan yang akan diperankan, anak memperagakan tokoh yang akan diperankan, anak menceritakan tokoh yang akan diperankan dan anak bermain peran tentang peran yang dimainkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengembangkan kemandirian anak melalui metode bermain peran memperoleh hasil berkembang sesuai harapan (BSH) yaitu anak sudah mampu membuka tutup botol minuman, menutup tutup botol minuman, membuka tempat makanan, menutup tempat makanan, memakai sepatu dan melepas sepatu. Jadi melalui metode bermai peran dapat mengembangkan kemandirian anak dengan baik di TK IT Mon Kuta, Lambhuk, Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (RAHMAYENI TANJUNG, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Ramadhani, 2019)

UPAYA GURU UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Juliana, 2014)

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT HAFIZUL’ILMI ACEH BESAR (Ria Estikawati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy