0, yaitu Rp. 1.147.871 yang berarti penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Net B/C > 1, yaitu 1,09 yang berarti setiap penambahan biaya sebesar Rp. 1,00 akan menghasilkan sebesar 1,09. IRR adalah 18,85 %, dimana IRR lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku yaitu 18 %, dan BEP terjadi pada tahun ke-22 bulan ke-I hari ke-15. Selanjutnya dengan menggunakan analisis sensitivitas menunjukkan bahwa pada kemungkinana I (biaya operasional naik 10%, manfaat tetap) usaha pengembangan tanaman Kelapa Dalam di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar layak diusahakan. Sedangkan pada kemungkinan II (biaya operasional naik 10%, manfaat turun 10%) menunjukkan bahwa usaha pengembangan tanaman Kelapa Dalam di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar tidak layak untuk diusahakan. " /> //

PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI KELAPA DALAM DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dodi Syafwan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dodi Syafwan "Prospek Pengembangan Usahatani Kelapa Dalam di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar" di bawah bimbingan Bapak Ir. M. Nassir Hawy, M.S sebagai pembimbing utama dan Bapak Dr. Ir. Azhar Muslim, M.S. sebagai pembimbing kedua. Kelapa sebagai salah satu komoditas perkebunan mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia, sehingga komoditas ini sering disebut dengan pohon kehidupan (the tree of live), karena seluruh bagian dari tanaman ini dapat bermanfaat bagi manusia dan mempunyai aspek ekonomi masyarakat, sehingga merupakan hal yang menarik untuk diteliti, penelitian ini bertujuan untuk mengadakan kajian dan analisis kelayakan usaha, baik dari aspek teknis maupun finansial pada tanaman Kelapa Dalam di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penel itian ini adalah metode survey. Data primer diperoleh melalui pengamatan dan wawancara langsung dengan responden, data tersebut kemudian dipindahkan dalam bentuk tabulasi yang sesuai dengan kebutuhan analisa. Data skunder diperoleh dari studi kepustakaan, instansi-instansi pemerintahan, jurnal-jurnal dan dari studi kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian. Model analisis yang digunakan adalah analisis finansial. Analisis finansial digunakan untuk mendapatkan gambaran tingkat kelayakan ushatani. Jadi untuk mengetahui apakah pengembangan Usahatani Kelapa Dalam Rakyat menguntungkan atau tidak dapat dilakukan dengan menggunakan Investment Criteria atau Kriteria Investasi, yaitu (1) Net Present Value (NPV), (2) Internal Rate of Return (IRR), (3) Net Benefit-Cost Ratio (Net B/C), (4) Gross Benefit-Cost Ratio. Berdasarkan hasil perhitungan analisis biaya dan manfaat usahatani Kelapa Dalam di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar layak untuk diusahakan, hal ini disebabkan nilai NPV >0, yaitu Rp. 1.147.871 yang berarti penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Net B/C > 1, yaitu 1,09 yang berarti setiap penambahan biaya sebesar Rp. 1,00 akan menghasilkan sebesar 1,09. IRR adalah 18,85 %, dimana IRR lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku yaitu 18 %, dan BEP terjadi pada tahun ke-22 bulan ke-I hari ke-15. Selanjutnya dengan menggunakan analisis sensitivitas menunjukkan bahwa pada kemungkinana I (biaya operasional naik 10%, manfaat tetap) usaha pengembangan tanaman Kelapa Dalam di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar layak diusahakan. Sedangkan pada kemungkinan II (biaya operasional naik 10%, manfaat turun 10%) menunjukkan bahwa usaha pengembangan tanaman Kelapa Dalam di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar tidak layak untuk diusahakan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI APELRN(STUDI KASUS PADA USAHATANI APEL SISWANTO)RNDI DESA DISPOT LINGE KECAMATAN LINGERNKABUPATEN ACEH TENGAH (FITRI SATYA NINGSIH, 2015)

KERAJINAN LIMBAH KELAPA DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGAKABUPATEN ACEH BESAR (Cut Wilisa, 2018)

PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI JAGUNG MANIS DI SAREE KECAMATAN LEMBAH SELAWAH ACEH BESAR (Irwan Adi Saputra, 2021)

ANALISJS PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH (ARACHIS HIPOGAEA) DI MUKIM LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Ruli Rinaldi, 2020)

MOTIVASI PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Masrafit, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy