//

ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT USAHA PEMBENIHAN IKAN MAS PADA BBI DI DESA JANTHO BARU KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dirra Meilia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dirra Meilia, 2008. Analisis Biaya Dan Manfaat Usaha Pembenihan Ikan Mas Pada BBI Di Desa Jantho Baru Kabupaten Aceh Besar, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. M. Hassan Su'ud, M.Sc dan Bapak Ir. Azhar A. Gani, M.Sc.Usaha pembenihan ikan mas pada BBI Jantho Baru merupakan Unit Pembenihan Budidaya Air Tawar (UPBAT) yang berada dibawah Dinas Perikanan dan Kelautan. Dengan pengelolaan yang baik serta dengan penerapan teknologi dalam berusaha, maka akan memberikan keuntungan yang besar bagi BBI. Kegiatan menganalisis biaya dan manfaat sangat penting dilakukan karena tidak hanya dapat diketahui gambaran mengenai keuntungan finansial yang diperoleh jika usaha tersebut sedang berjalan, tetapi juga akan diketahui gambaran keadaan usaha tersebut dimasa yang akan datang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha pembenihan ikan masa pada BBI Jantho Baru dengan menggunakan analisis biaya dan manfaat dengan pendekatan analisis finansial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study), dengan objek penelitian adalah pelaku pembenihan ikan mas pada BBI Jantho Baru di Kecamatan Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada masalah biaya dan manfaat yang diperoleh serta prospek usaha di masa yang akan datang dengan menggunakan analisis biaya dan manfaat.Selama lima tahun umur proyek diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp 824.945.000,00 yang terdiri dari biaya investasi sebesar Rp 552.845.000,00 dan biaya operasional sebesar 272.100.000,00.Arus penerimaan usaha pembenihan ikan masa pada BBI Jantho Baru pada tahun pertama beroperasi adalah sebesar Rp 198.000.000,00 atau dengan jumlah produksi benih sebanyak 990.000 ekor.Berdasarkan analisis biaya dan manfaat dapat disimpulkan bahwa usaha pembenihan ikan mas pada BBI Jantho Baru layak diusahakan jika ditinjau dari analisis biaya dan manfaat. Hal ini disebabkan nilai NPV > 0, yaitu Rp 153.553.000,00 yang berarti penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang telah dikeluarkan. NBCR > 1, yaitu 1,27 yang berarti setiap penerimaan dan penambahan biaya sebesar Rp 1,00 akan memberikan hasil sebesar Rp 1,27. IRR 27% dan BEP terjadi pada umur proyek 4 tahun 21 hari. Kelayakan usaha pembenihan ikan mas juga didukung dari perhitungan analisis sensetivitas. Dengan asumsi biaya produksi naik 10% diperoleh : NPV = Rp 85.930.100,00 NBCR = 1,14 dan IRR = 22% serta BEP = 4 tahun 5 bulan 12 hari. Dan dengan asumsi manfaat turun 10% diperoleh: NPV = Rp 68.623.800, NBCR = 1,12 dan IRR= 21% serta BEP = 4 tahun 6 bulan 7 hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMASARAN IKAN MAS DI DESA JANTHO BARU KABUPATEN ACEH BESAR (Mira Handayani, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN KEUNTUNGAN PEMBIBITAN IKAN NILA DAN IKAN MAS PADA USAHA PEMBENIHAN IKAN RAKYAT DI BATEE ILIEK KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN (FIRDA SAHTIANA, 2013)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA PEMBENIHAN IKAN MAS MAJALAYA DENGAN TEKNIK PEMIJAHAN SECARA BUATAN PADA UNIT PELAKSANAAN TEKNIS DINAS BUDIDAYA AIR TAWAR (UPTD BAT) JANTHO BARU KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH (MISS JUSTICE, 2017)

PROSPEK PENGEMBANGAN PEMBENIHAN IKAN KERAPU (EPINEPHELUS) DI BALAI BUDIDAYA AIR PAYAU UJUNG BATEE KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Desy Puspita, 2021)

STUDI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PEMBENIHAN IKAN KERAPU TIKUS PADA BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU (BPBAP) UJONG BATEE KABUPATEN ACEH BESAR (Dedi Kusuma, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy