ANALISIS PENDAPATAN DAN DISTRIBUSI PEKERJAAN PADA INDUSTRI KERIPIK UBI KAYU DAN TAPE DI DESA SUKA MULIA KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PENDAPATAN DAN DISTRIBUSI PEKERJAAN PADA INDUSTRI KERIPIK UBI KAYU DAN TAPE DI DESA SUKA MULIA KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Guspika Humaira - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0605102010041

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Guspika Humaira dengan judul skripsi "Analisis Pendapatan Dan Distribusi Pekerjaan Pada Industri Keripik Ubi Kayu Dan Tape Di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar" dengan pembimbing utama Bapak Dr. Ir. Agussabti, M.Si. serta Bapak Dr. Ir. Mustafa Usman, M.S selak:u pembimbing kedua.


Adapun permasaJahan yang terdapat daJam penelitian ini adalah seberapa besarkah pendapatan yang diterima oleh rumah tangga yang mengusahakan industri keripik ubi kayu dan tape di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan bagaimana distribusi pekerjaan dalam rumah tangga industri keripik ubi kayu dan tape di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian i.ni dilakukan di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar pada industri rumah tangga yang bergerak dalam bidang usaha industri keripik ubi kayu dan tape. Objek penelitian adalah masyarakat yang mengusahakan industrikeripik ubi kayu dan tape. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada pendapatan dan distribusi pekerjaan pada rurnah tangga industri keripik ubi kayu dan tape. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besamya pendapatan pada industri keripik ubi kayu dan tape di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui distribusi pekerjaan dalam rumah tangga industri keripik ubi kayu dan tape di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah SeuJawah Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara sensus karena populasinya kecil yakni 20 responden sehingga sampel diambil secara keseluruhan. Besarnya pendapatan usaha industri keripik ubi kayu dan tape di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dapat memberikan pendapatan yang layak bagi rumah tangga yang mengusahakan, hal ini terlihat dari hasil analisis diperoleh nilai R/C untuk usaha keripik ubi 1,55 dan untuk tape ubi 2,26. Sedangkan untuk ROI pada keripik ubi 56,81% dan untuk tape ubi 125,81%. Untuk BEPk% pada keripik ubi Rp. 28.925 per Kg, sedangkan untuk usaha tape ubi Rp.2.214 per Kg. BEP%radatsst pada masing-masing usaha pembuatan keripik adalah 40,49 Kg per periode produksi dan untuk tape ubi Rp. 156,23 Kg per periode produksi.

Distribusi pekerjaan yang terdapat dalam usaba pembuatan keripik dan tape ubi di Kecamatan Lembah seulawah Kabupaten Aceh Besar yaitu terbagi kedalam 4 jenis kegiatan yaitu pengupasan dan pemotongan, penggorengan, pengolahan tape dan pengemasan keripik dan tape serta 3 status pekerja, yaitu suami, istri dan anak. Untuk meningkatkan pendapatan usaha pembuatan keripik dan tape ubi diharapkan daJam pemasaran dapat di l.akukan metode yang modern menggunakan kemasan yang bermerk dan distribusi yang lebih luas. Diharapkan dalam melakukan distribusi, peran keluarga sangat diharapkan, oleh karena itu daJam pemberdayaan anggota keluarga diharapkan dapat dimaksimalkan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK