//

HUBUNGAN PEMAKAIAN SEPATU BOOTS DENGAN KEJADIAN TINEA PEDIS PADA PENCARI TIRAM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITUSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Anggi Febri Andasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pencari tiram merupakan profesi yang memberikan paparan air dalam waktu lama bagi pekerjanya dimana pada saat bekerja pencari tiram biasanya menggunakan sepatu boots untuk melindungi kakinya dari permukaan yang kasar di sungai. Individu yang sering menggunakan sepatu tertutup dan kontak dengan air dalam waktu lama saat beraktivitas akan meningkatkan risiko penyakit kulit akibat jamur. Salah satu jenis penyakit kulit akibat kolonisasi jamur pada kaki adalah tinea pedis. Pada Kecamatan Baitussalam terdapat beberapa desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai pencari tiram. Sehingga, peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara pemakaian sepatu boots dengan kejadian tinea pedis pada pencari tiram di wilayah kerja puskesmas Baitussalam. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional cross sectional dengan teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling (jumlah responden sebanyak 37 orang pencari tiram yang memakai sepatu boots). Pemakaian sepatu boots dinilai dengan menggunakan kuesioner pemakaian sepatu boots dan tinea pedis dengan pemeriksaan dokter umum di Puskesmas Baitussalam pada bulan Juli 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan pemakaian sepatu boots kurang baik menyebabkan positif tinea pedis pada 15 orang (83,3%) dan negatif 3 orang (16,7%) sedangkan pemakaian sepatu boots baik menyebabkan tinea pedis 7 orang (36,8%) dan negatif 12 orang (63,2%). Hasil analisis uji chi square, nilai p value yang diperoleh adalah 0,011 (p value ≤ 0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pemakaian sepatu boots dengan kejadian tinea pedis pada pencari tiram di wilayah kerja Puskesmas Baitussalam. Kata kunci: Tinea Pedis; Pemakaian Sepatu Boots; Pencari tiram

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREVALENSI DAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN TINEA PEDIS PADA NELAYAN DI DESA-DESA DAERAH PESISIR WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN SINGKIL (Sartiwi, 2019)

PERANAN PENCARI TIRAM DALAM MENDUKUNG KETAHANAN EKONOMI KELUARGA DI KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (Rahmat Setiawan, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, PENDIDIKAN DAN AKSEPTABILITAS DENGAN PEMAKAIAN INTRA UTERINE DEVICE DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (Lia Anggraini, 2015)

HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATOH BANDA ACEH (Terah Imanuel Mirino, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PUSKESMAS OLEH KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN2008 (Cut Rahmi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy