//

STUDI BANGKITAN PERGERAKAN MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI DARI GAMPONG LUENG BATA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridhalul Rizqi - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Jumlah kendaraan yang terus bertambah karena adanya peningkatan daya beli masyarakat dari tahun ke tahun mengakibatkan kemacetan pada ruas-ruas jalan di Kota Banda Aceh. Adanya pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi mengakibatkan kebutuhan perjalanan meningkat pula. Hal tersebut perlu dilakukan suatu upaya untuk mengatasi segala dampak yang mungkin ditimbulkannya. Oleh karena peningkatan mobilitas pada daerah yang diamati diperlukan pengamatan lebih lanjut mengenai bangkitan pergerakan individu yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah memodelkan bangkitan pergerakan kendaraan pribadi yang dipengaruhi oleh faktor sosio ekonomi pada setiap rumah tangga. Data yang dikumpulkan yaitu data primer berupa data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan menyebarkan kuisioner mengenai data pergerakan selama satu hari (Y), pendapatan (X1), jumlah anggota keluarga (X2), jumlah anggota keluarga yang bekerja (X3), jumlah anggota keluarga yang bersekolah (X4), kepemilikan jenis SIM A (X5), kepemilikan jenis SIM C (X6), kepemilikan jenis SIM A&C (X7), tidak memiliki SIM (X8), kepemilikan kendaraan mobil (X9), kepemilikan sepeda motor (X10) tingkat pendidikan terakhir kepala rumah tangga (X11), jenis pekerjaan kepala keluarga (X12). Data sekunder berupa peta kota dan peta Gampong. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda (multiple linear regression analysis). Hasil dari penelitian ini diperoleh dua model pergerakan yaitu bangkitan pergerakan menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil. Model pergerakan terbaik yang dihasilkan dari kedua pergerakan tersebut berdasarkan hasil pengujian regresi dengan menggunakan software SPSS yaitu pergerakan untuk kendaraan mobil Y1 = -0,941 + 0,923 X1 + 0,591 X2., dan bangkitan pergerakan menggunakan sepeda motor Y2 = -0,788 + 0,787 X1 + 0,420 X6 + 0,464 X10. Model-model pergerakan tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam perencanaan sarana dan prasarana transportasi selanjutnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI BANGKITAN PERGERAKAN MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI DARI GAMPONG LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Ridhalul Rizqi, 2014)

ANALISIS BANGKITAN PERJALANAN PEKERJA PADA GAMPONG LHONG RAYA KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH (Andre, 2014)

MODEL BANGKITAN PERGERAKAN OLEH PEKERJA BERDASARKAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA UNTUK TUJUAN MANDATORY DI GAMPONG ATEUK JAWO (AGUNG DARMAWAN, 2014)

ANALISIS MODEL BANGKITAN PERGERAKAN PEKERJA DAN NON PEKERJA BERDASARKAN TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA DAN DURASI AKTIVITAS DI KOTA BANDA ACEH (PUTRI BALQIS, 2018)

URBAN TRANSPORTATION DI KOTA BANDA ACEH: KAJIAN TERHADAP EFISIENSI EKONOMI (Fakhrizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy